Bioteknologi UKDW Kembangkan Iklim Riset di Sekolah

YOGYA, KRJOGJA.com – Fakultas Bioteknologi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta telah menjadi mitra Asosiasi Guru Pembimbing Penelitian Indonesia (AGPPI) dalam pengembangan iklim riset dan kualitas riset guru dan siswa sejak tahun 2015. Beberapa program yang secara rutin dilakukan meliputi pelatihan penelitian, pelatihan pembimbingan dan manajemen penelitian, workshop metode penelitian untuk siswa, dan publikasi hasil-hasil penelitian.

Dari kerja sama sinergis tersebut aktivitas riset di sekolah-sekolah semakin berkembang dilihat dari jumlah proposal yang dihimpun setiap tahun, serta banyaknya siswa DIY yang berhasil memenangkan berbagai kompetisi riset baik pada skala nasional maupun internasional. Tahun ini program pelatihan pembimbingan guru dan penelitian siswa dilakukan secara luring dan daring pada tanggal 17 dan 24 November 2020 dengan mengangkat tema “Memanfaatkan Potensi Biodiversitas Menuju Pentas Dunia”. Kegiatan ini diselenggarakan di Lecturer Hall Didaktos UKDW dan diikuti oleh 43 guru pembimbing penelitian baik dari sekolah negeri maupun swasta di DIY.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Pengembangan Kapasitas SDM dan Jejaring (WR IV) UKDW Pdt. Handi Hadiwitanto, Ph.D menyampaikan bahwa penelitian adalah salah satu indikator dunia pendidikan yang saat ini perlu dikembangkan. “Melalui penelitian kita dapat mengukur upaya inovasi dan kemajuan berpikir kita melalui dunia pendidikan. Suasana dan semangat penelitian memerlukan ekosistem dan guru-guru yang dapat menjadi inisiator, inpsirasi, dan mentor. Karena itu para guru juga perlu untuk meningkatkan diri dengan semangat dan paradigma penelitian yang sama,” tuturnya.

Program yang diselenggarakan oleh Fakultas Bioteknologi UKDW menjadi bagian penting dari kerja sama perguruan tinggi dengan dengan para guru di pendidikan menengah untuk mengupayakan hal-hal di atas terwujud. “UKDW dan khususnya Fakultas Bioteknologi membuka pintu seluas-luasnya untuk kemitraan bagi para guru dan sekolah-sekolah menengah dalam upaya peningkatan diri, semangat untuk menumbuhkan iklim, dan kualitas riset di sekolah.

BERITA REKOMENDASI