Bisa Dinikmati Lewat Streaming Musik Online, Kraton Perdengarkan Gending Gati Volume 2

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92, Rabu (28/10/2020), KHP Kridhomardowo Kraton Yogyakarta merilis Album Gendhing Gati Volume 2. Album tersebut berisi 16 judul gendhing gati, terdiri dari 14 gendhing lama yang direkam kembali, serta 2 gendhing baru berjudul Gendhing Gati Taruna dan Gendhing Gati Bhinneka.

Kedua gendhing baru tersebut menjadi unggulan dari Album Gendhing Gati Volume 2. Abdi Dalem Wiyaga yang bertugas memainkan gamelan dengan Abdi Dalem Musikan yang memainkan instrumen musik barat akan berkolaborasi dalam memainkan Gendhing Gati Taruna dan Gendhing Gati Bhinneka secara berurutan dalam Launching Album Gendhing Gati Vol. 2 pada Rabu (28/10/2020) pukul 15.00 WIB di Kagungan Dalem Bangsal Mandalasana Kraton.

“Setelah merilis Gendhing Gati Mardika bulan Agustus lalu, Ngarsa Dalem ini dhawuh untuk membuat dua gendhing baru dalam rangka Hari Sumpah Pemuda. Sehingga, saya segera bentuk tim kreatif, nimbali dua Abdi Dalem yaitu MW Susilomadyo untuk mereka-reka komposisi Gendhing Gati Taruna dan RP Ngeksibrongto untuk Gendhing Gati Bhinneka. Jadi kedua gendhing baru ini sudah dicaoske dan diterima sebagai Yasan Dalem atau ciptaan di masa Sri Sultan Hamengku Buwono X yang sekarang bertahta,” ungkap KPH Notonegoro, Penghageng KHP Kridhomardowo.

Nama Gendhing Gati Taruna sendiri diambil dari kata ‘Taruna’ berarti ‘Muda’ yang menjadikan gendhing ini memiliki karakter agung, ceria, penuh ekspresi, semangat, dan gembira layaknya para pemuda. Gendhing Gati Taruna ini juga memiliki permainan instrumen tiup (trompet) yang poliponik atau membentuk jalinan lagu sendiri yang memiliki dua suara yaitu suara I dan II.

BERITA REKOMENDASI