Bisnis Sarana Pernikahan Berkembang Pesat

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA (KRjogja.com) – Beragam produk perlengkapan dan jasa sarana pernikahan di pamerkan dalam pameran 'Jogja Wedding Expo' di Griya UMKM Dekranasda, Jalan Tamansiswa 39 Yogyakarta. Di antaranya jasa Wedding Organizer (WO), jasa dekorasi pelaminan, jasa pembuatan barang hantaran (pitukon), pembuatan undangan pernikahan, pernak-pernik souvenir hingga jasa fotografi dan konsultasi pernikahan.

Salah satu peserta pameran Mira, owner H'ney Wedding Package mengatakan, bisnis sarana pernikahan mengalami perkembangan cukup pesat. Jika dahulu pemasaran dilakukan secara 'door to door', kini bergeser lewat online (media sosial) dengan cakupan yang lebih luas. Selain itu produk jasa yang ditawarkan juga semakin beragam. "Kalau dulu kami hanya melayani rias pengantin saja, saat ini juga melayani catering service, wedding package dan wedding organizer," terang Mira kepada KRjogja.com disela pameran, Rabu (24/8).

Mira menyambut baik event pameran yang digagas Disperindagkop Kota Yogyakarta ini, dengan harapan usahanya semakin berkembang dan dikenal luas hingga ke luar Jawa.

Hal yang sama juga diungkapkan Oktaviano karyawan 'Cetho Kreatif' yang menyediakan jasa wedding photography, desain dan pembuatan undangan pernikahan. Didukung desaner-desainer kreatif, Oktaviano berharap kepedulian pemerintah daerah dalam hal ini Disperindagkoptan, mampu mendorong UMKM Yogya ke level nasional bahkan internasional.

Kasi Kajian dan Pengembangan Disperindagkoptan Kota Yogya Bebasari Sitarini SP MMA mengatakan, follow-up dari pameran ini, Diseperindagkop Kota Yogya akan mengajak para pelaku bisnis sarana pernikahan untuk pameran di luar Jawa, mengingat permintaan jasa konsultasi pernikahan model Jawa di Luar Jawa sangat tinggi. Disamping itu, disperindagkop akan menjadi pengampu untuk industri sarana pernikahan yang selama ini masih berjalan sendiri-sendiri. (R-2)

 

BERITA REKOMENDASI