‘Blue Moon’ Tidak Muncul di Langit Jogja, Ini Alasannya

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA (KRjogja.com) – Fenomena astronomi bulan purnama berwarna kebiruan atau lebih dikenal dengan 'Blue Moon' yang terjadi Sabtu (31/3) malam menarik perhatian masyarakat. Namun sayang fenomena tersebut tidak bisa dinikmati di Yogyakarta karena bulan terhalang awan tebal.

Seperti yang dilakukan beberapa komunitas seperti KOJA (Komunitas Olimpiade Jogja), Penjelajah Langit, Jogja Astronomi Klub, dan Andromeda mengakui blue moon tidak bisa terlihat malam ini. 

Dimulai sejak pukul 18.00 hingga 22.00 malam selain pengamatan juga dimeriahkan games dan materi seputar astronomi. Kegiatan serupa dilakukan oleh Taman Pintar dan beberapa klub astronomi tersebut ketika adanya fenomena astronomi.

"Dengan dilaksanakannya pengamatan fenomena langit bersama masyarakat, kita berharap masyarakat bisa lebih melek dan kita berharap Taman Pintar bisa menjadi fasilotator" terang Agus budi Rahmanto selaku Humas dan Kerjasama Taman Pintar.

Tak hanya dengan pecinta astronomi lokal, tampak hadir pula komunitas tamu yang berasal dari Rumania untuk bergabung dalam pengamatan ini. (*)

Penulis: Abra Arimagupita Sekarsoca

BERITA REKOMENDASI