BMKG Segera Tambah Alat Peraga Mitigasi di Taman Pintar

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bakal menambah informasi pengetahuan kepada masyarakat tentang informasi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (MKG). Bekerjasama dengan Pemkot Yogyakarta, BMKG akan menempatkan peralatan mitigasi di di zona BMKG Taman Pintar Yogyakarta.

"Untuk taman pintar ini memang punya zona namanya zona BMKG, semua informasi MK dan G itu ada. Misalnya informasi M itu ada prakira cuacanya harian. Kemudian K itu ada prakiraan musim. G nya ada simulator ada intensititas meter untuk menentukan berapa besaran getaran sekala yang dirasakan pada saat gempa," kata Kepala Stasiun Geofisika Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta Dr I nyoman Sukanta saat berkunjung ke Taman Pintar Yogyakarta, Selasa (09/07/19).

BMKG akan meningkatkan lagi peralatan mitigasi yang telah pihaknya rencanakan guna menambah informasi MKG. "Kalau mitigasinya itu belum. Rencananya mitigasi akan ditambahkan diwisata taman pintar Yogyakarta. Sehingga nantinya ada peralatannya, bencananya seperi apa, alat berfungsinya seperti apa dan bagaimana mitigasi menyelamatkan masyarakat," katanya.

Saat ini BMKG telah menempatkan beberapa alat peraga di Gedung Oval Taman Pintar dengan tujuan sebagai wahana pembelajaran bagi publik. Di zona ini pengunjung bisa mencoba antara lain simulator gempa bumi, maket deseminasi informasi gempa bumi dan tsunami, informasi MKG secara realtime dan online, beberapa peralatan pengamatan operasional MKG, plasma TV dan komputer serta software pembelajarannya, dan miniatur peralatan di taman alat BMKG. (Ive)

 

 

 

 

BERITA REKOMENDASI