BNN Gandeng Kemenag, DIY Urutan Teratas Pengguna Narkoba

YOGYA, KRJOGJA.com – Berdasarkan survei per Oktober 2016 yang dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN) terhadap 30.000 responden, ternyata 6,6 persen di antaranya pernah menggunakan narkoba. Bahkan 2,8 persen dari
jumlah tersebut rutin mengkonsumsinya. Penelitian yang dilakukan di 8 provinsi itu menempatkan DIY sebagai urutan teratas pengguna narkoba.

"Pengguna narkoba di DIY mencapai 60.182 orang dengan rincian yang ditangkap hanya 594 orang dan 1.088 orang mendapat rehabilitasi," ungkap Kepala BNN DIY Brigjen (Pol) Drs Mardi Rukmianto SH saat silaturahim ke Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY Jalan Sukonandi 8 Yogya, Selasa (6/6).

Brigjen Mardi yang didampingi Kabid Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN DIY Bambang Wiryadi menjelaskan, minimnya tindakan hukum kepada pengguna narkoba karena keterbatasan sumber daya manusia. Mardi mengajak Kemenag yang memiliki jaringan hingga level bawah mengkampanyekan bahaya narkoba. "Kalau bisa apapun tema khotbah atau ceramah, ajakan untuk memerangi narkoba bisa disisipkan," pintanya.

Kakanwil Kemenag DIY, Muhammad Lutfi Hamid, yang menerima kunjungan siap bekerja sama dengan BNN. "Kemenag siap mengundang penyuluh agama Islam, forum komunikasi pondok pesantren dan forum komunikasi diniyah takmiliyah se-DIY untuk mendengarkan materi bahaya narkoba," tegas nya.

Acara ini, menurut Lutfi, akan dihelat 9 Juli 2017 mendatang di Asrama Haji DIY Jalan Ringroad Utara Mlati Sleman. "Kita harapkan tak kurang seribu komponen masyarakat akan hadir," imbuh Kakanwil didampingi Kabid Penais Zawa Muklas dan Kasubbag Informasi dan Humas Abd Su'ud. (Fie)

BERITA REKOMENDASI