BP2KY Siapkan Jurus Giring Turis India dan Thailand

YOGYA (KRjogja.com) – Badan Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta (BP2KY) tengah mengincar mendatangkan wisatawan mancanegara (wisman) dari India dan Thailand ke DIY. Potensi kedua negara tersebut cukup besar untuk mengembangkan bisnis pariwisata di DIY terutama mendongkrak jumlah kunjungan wisman.

Hal ini dikatakan Ketua BP2KY, Fito Bagus Eka Laksmana kepada KR, Selasa (22/11). Kedua negara incaran untuk mendatangkan turis ke DIY ini dinilai sudah jelas potensial dan mampu ditawarkan berbagai macam paket wisata ke DIY.

"Kami terus memasarkan pariwisata DIY tidak hanya Yogyakarta semata karena industri pariwisata adalah satu kesatuan tidak bisa disekat-sekat wilayah. Tetapi yang kami promosikan adalah obyek wisata yang sudah siap dan negara yang menjadi incaran juga yang sudah jelas pasti potensial," ujar Fito.

Fito menyampaikan pihaknya akan berusaha menggandeng segenap pelaku atau insan pariwisata di DIY baik Pemkot Yogyakarta maupun Pemkab lainnya, serta pelaku industri pariwisata seperti ASITA dan PHRI DIY untuk bersama-sama menggarap pariwisata DIY. Selain itu, paket wisata ataupun obyek wisata yang dipromosikan harus yang sudah siap dan bisa dikombinasikan antara kota dengan kabupaten.

"Kita bisa menjual paket atau mengenalkan obyek wisata di DIY bersama-sama. Yang diincar memang turis dari India dan Thailand, tidak melulu kok harus diajak ke candi-candi karena mereka bisa diarahkan ke obyek wisata lainnya," tandas Fito.

Selain memerlukan kesiapan dan kerjasama atau sinergi segenap pelaku wisata di DIY, pihaknya mengharapkan pemerintah ikut mendukung dengan kesiapan infrastrukturnya. Baik dari kesiapan bandara, jalan, akses transportasi, fasilitas publik dan lain-lain harus dipikirkan.

"Selain sinergi, kunci keberhasilan bisnis pariwisata adalah ketersediaan dan kesiapan infrastruktur yang memadai. Mengingat hal ini mempengaruhi kenyamanan dan keamanan bagi wisatawan, terutama wisman," imbuhnya.

Wakil Ketua BP2KY, Edwin Ismedi Himna mengakui butuh sinergi bersama dalam mempromosikan pariwisata DIY ke luar. Sebagai salah satu ujung tombak untuk mengenalkan dan mempromosikan pariwisata DIY, pihaknya berharap peran serta aktif segenap insan pariwisata untuk bersama-sama menggarap potensi wisata di DIY. (Ira)

BERITA REKOMENDASI