BPBD DIY Siap ‘Cover’ Kebutuhan Penanganan Covid-19

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRjogja.com – Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) DIY telah menyiapkan alokasi anggaran penanganan Covid-19 termasuk pemenuhan kebutuhan baju alat pelindung diri (APD) dan sebagainya bagi petugas maupun relawan. BPBD DIY pada prinsipnya telah merespon lonjakan kasus infeksi virus Korona ini karena telah berimplikasi terhadap banyak hal, termasuk pemakaman, penjemputan jenazah, penjemputan pasien isolasi mandiri (isoman) dan sebagainya.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD DIY Biwara Yuswantana mengatakan pihaknya telah melakukan rapat koordinasi perihal usulan tambahan anggaran perencanaan penanganan Covid-19 seiring terjadinya lonjakan kasus Covid-19 sejak pertengahan Juni 2021 lalu. Melihat situasi dan kondisi di lapangan tersebut, pihaknya menindaklanjuti dengan inventarisasi kebutuhan yang diperlukan selanjutnya pada proses pengadaan barang-barang dibutuhkan.

“Sebenarnya kami telah membuat perencanaan anggaran penanganan Covid-19 yang kami butuhkan, tetapi kami tidak menduga kasus positifnya meningkat drastis. Jadi kami inventarisasi kebutuhannya seperti apa baru diteruskan pada proses pengadaan karena yang krusial adalah aspek waktu sehingga secepat mungkin berupaya akan mengcover kebutuhan tim di lapangan saat ini,” tutur Biwara di Komplek Kepatihan, Jumat (2/7).

Biwara menyampaikan sebetulnya tidak masalah apabila petugas mau relawan mengakses tambahan anggaran penanganan Covid-19 terutama untuk memenuhi kebutuhan APD yang memang meningkat sangat banyak saat ini. Sebab pihaknya baru melakukan proses inventarisasi tambahan kebutuhan yang diperlukan di lapangan maupun revisi beberapa program.

“Kita usahakan penambahan APD tersebut dan kita telah mendapatkan dukungan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY untuk pemenuhannya. Kita upayakan seperti itu sambil kita terus berupaya melakukan pengadaan. Prinsipnya, kami telah berupaya melakukan yang terbaik sebisa mungkin di tengah kondisi,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI