BPBD DIY Siap ‘Cover’ Kebutuhan Penanganan Covid-19

Editor: Agus Sigit

Wakil Ketua Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemda DIY ini menegaskan BPBD DIY sudah melakukan berkoordinasi dan menginventarisasi kebutuhan yang diperlukan dengan pihak-pihak terkait. Pihaknya persedian baju APD di DIY memang sudah menipis sehingga terus diupayakan pemenuhannya sekarang sesuai kebutuhan masyarakat.

“Pengadan barang reguler atau normal memang membutuh waktu seperti lelang, namun seiring eskalasi pandemi yang meningkat kami langsung bisa meresponnya. Jadi petugas maupun relawan tidak perlu khawatir kami siap memenuhi kebutuhan APD sebab sudah menjadi tugas kemanusiaan kita bersama,” ungkap Biwara.

Koordinator Relawan Gunungkidul Agus Kenyung mengakui para relawan menolak pemakaman karena kondisi APD sudah sangat minim. Jika pun ada APD hanya APD tidak berlabel artinya tingkat keamanannya kurang memadai. Sehingga para relawan khawatir jika tetap memakamkan maka akan beresiko bagi mereka.

“Kondisi tim relawan di Gunungkidul cukup kewalahan karena harus menangani semuanya dari mengantarkan warga yang sakit ke RS, pemulasaraan sampai memakamkan. Belum lagi APD cepat habis dan tidak banyak” pungkasnya. (Ira)

 

BERITA REKOMENDASI