Bregada Rakyat Patroli di Malioboro, Ini Maksudnya

YOGYA, KRJOGJA.com – Sejumlah komunitas kesenian bregada yang tergabung Paguyuban Bregada Rakyat DIY ikut membantu mengedukasi dan mensosialisasikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan dengan pendekatan budaya.

Perwakilan bregada (prajurit) rakyat ini disebar di lima titik zona yang berada sepanjang ruas utama Jalan Malioboro baik sayap Timur maupun Barat setiap hari Sabtu dan Minggu mulai pukul 16.00 hingga 21.00 WIB. “Kami bertugas untuk mengingatkan pejalan kaki yang melintas di ruas jalan Malioboro ini perihal protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan pendekatan budaya. Semisal ada yang tidak memakai masker asal-asalan, ada yang berkerumun hingga pejalan kaki yang berlawanan arah karena ini jalan satu arah sekarang,” tutur anggota Bregada Rekso Winongo Ngampilan Yogyakarta Sutris saat berjaga di Zona 5 Malioboro.

Sutris menjelaskan keikutsertaan prajurit rakyat yang setiap paguyuban diwakili 10 orang tersebut bertugas mengingatkan pentingnya melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dilakukan secara bergantian atau bergilir di kawasan Malioboro setiap akhir pekan. Para bregada rakyat yang layaknya seperti Jogo Boro ini membantu memberikan edukasi kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan benar, seperti memakai masker dengan benar dan sebagainya.

BERITA REKOMENDASI