BRI KCP Malioboro Gagas Celengan Pedagang

SOLO (KRjogja.com) – Bank BRI Kantor Cabang Pembantu (KCP) Malioboro membuat terobasan baru untuk menjebatani para pedagang di Kawasan Malioboro  dengan memberikan celengan bambu. Upaya jemput bola para pedagang yang tidak mempunyai waktu menambung di bank ini dinilai cukup efektif guna memperbesar dana simpanan.

Demikian diungkapkan Pemimpin KCP Bank BRI Malioboro Drs H Agus Sumarno MM usai mengisi Pelatihan Wartawan Ekonomi Perbankan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Yogyakarta dengan BRI bertajuk Basic Perbankan Fungsi dan Produk di Lorin Solo Business Resort and Spa.

"Kita baru buka di Malioboro sekitar 1,5 tahun ini dan telah menyalurkan kredit bagi UMKM sebesar Rp 12 miliar dan telah menghimpun dana pihak ketiga (DPK) sebesar Rp 21 miliar," ujarnya.

Melihat kondisi para pedagang di Kawasan Malioboro yang tidak mempunyai waktu ke bank dan tidak ingin mengantri terlalu lama ini, Agus menggulirkan program celengan bambu bagi mereka. Tahap awal Maret lalu, pihaknya sudah membagikan 20 celengan bambu bagi para pedagang yang diambil petugas BRI sewaktu-waktu sesuai perjanjian kedua belah pihak agar dibukukan menjadi tabungan yang jenisnya juga sesuai pilihan nasabah.

"Celengan ini dikunci petugas BRI yang sewaktu-waktu dapat diambil bisa 1 hingga 8 minggu sekali. Sekali buka celengan bisa mengupulkan minimal Rp 50 ribu dan dapat digunakan guna melakukan transaksi bank konvensional minimal Rp 20 ribu," tandasnya.

Menurutnya upaya ini efektif dan baru pertama kali dilakukan atas inisiasi KCP BRI Malioboro di tengah persaingan dengan bank-bank lain yang menyasar di UMKM. Ditargetkan dalam satu hari dapat menyebar satu celengan bambu.(*-24)

BERITA REKOMENDASI