Buat Inovasi Bantu Warga, 6 Mahasiswa IP UMY Lolos PIMNAS

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Enam Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (IP) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil lolos PIMNAS ke-34. Mereka terbagi dalam 2 Tim PKM yang berbeda yakni PKM-RSH terdiri dari Vicky Alfina P, M. Noor Cahyadi, Ahmad Syafiqurrahman, M. Miftahul Ahsan, dan Nita Aribah Hanif serta Tim PKM-PI, Galih Prasongko.

Galih Prasongko, salah satu mahasiswa IP 2019 menjelaskan PKM yang dia ambil dalam PIMNAS kali ini berawal dari desa binaan UKM Pramuka di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo. Warga di sana memiliki UMKM pengolahan kulit buah kakao yang terkendala alat produksi.

“Tim PKM kami hadir karena di desa tersebut terkendala alat produksi dan membutuhkan waktu yang lebih lama. Dengan adanya alat yang berhasil kami rancang, produksi mengalami kenaikan,” ungkapnya pada wartawan, Kamis (30/9/2021).

Vicky Alfina, Ketua Tim PKM-RSH menambahkan, tim PKM berasal dari diskusi bersama yang dilanjut pengajuan proposal. Tema yang diangkat tentang collaborative governance dalam penanganan Covid-19 ternyata berhasil lolos ke PIMNAS.

Tunjung Sulaksono, Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan UMY menyambut baik mahasiswanya yang lolos ke PIMNAS tahun ini. Prodi Ilmu Pemerintahan UMY memiliki komitmen untuk meningkatkan kompetensi dan prestasi mahasiswa melalui PKM untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi.

“Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap, tanggung jawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni,” ungkapnya.

Sementara, Sakir Ridho Wijaya, PIC PKM Prodi IP UMY menyampaikan pihaknya senantiasa memfasilitasi mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi dan prestasi melalui kegiatan perkuliahan di luar kampus. Selain itu, mahasiswa didampingi dalam proses penyusunan proposal PKM secara intensif hingga persiapan PIMNAS.

“Prodi IP UMY senantiasa memfasilitasi mahasiswa untuk meningkatkan prestasi melalui kegiatan di luar kampus. Hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan kompetensi lulusan supaya memiliki daya saing dan mendapatkan pekerjaan yang layak,” pungkasnya. (Fxh)

 

UMY

BERITA REKOMENDASI