Buaya Resahkan Warga Kwagon Akhirnya Tertangkap

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Sejak Selasa (28/11/2017) lalu, warga Dusun Kwagon Sidorejo Godean Sleman dikagetkan dengan adanya buaya muara cukup besar yang dilihat seorang warga di selokan dusun setempat. Kekhawatiran warga pun memuncak karena buaya tersebut tak bisa ditemukan hingga Kamis (30/11/2017).

Warga dusun yang lantas tidak tenang kemudian mulai mencari jejak hewan pemangsa tersebut hingga ke Sungai Soko yang berjarak lebih kurang 700 meter dari Kwagon. Beruntung, seorang warga mendapati jejak buaya di sekitar sungai hingga kemudian diputuskan untuk menangkapnya secara bersama-sama.

Kepala Dukuh Kwagon, Sukiman mengatakan buaya yang kemudian diketahui sepanjang 2 meter itu ditangkap bersama-sama oleh warga dan relawan, Jumat (01/12/2017) siang tadi sekitar pukul 10.30 WIB. “Tadi, warga bersama relawan dari Koramil dan Polsek sepakat melakukan pencarian dan akhirnya bisa ditangkap sekitar pukul 10.30 WIB di Kali Soko. Saat ini warga tidak lagi resah karena ukuran buaya yang cukup besar yakni 2 meter,” ungkap Sukiman.

Buaya yang berhasil ditangkap pun kini telah diserahkan pada pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DIY untuk nantinya dikembalikan ke habitat yang aman jauh dari pemukiman warga. “Langsung diserahkan pada BKSDA DIY untuk dilepaskan di daerah yang aman,” pungkas Sukiman.

Salah satu relawan, Pramono mengisahkan jibaku dengan buaya 2 meter tersebut berlangsung sekitar 30 menit. Buaya diketahui berada di dasar palung tempuran sungai sedalam 3 meter dan coba ditarik menggunakan tali.

“Sempat melawan juga tadi, tapi akhirnya bisa ditangkap dan dibawa ke daratan. Kami ikat mulut, tangan dan kaki untuk dibawa ke rumah kepala dusun kemudian diamankan BKSDA DIY,” terangnya.

Buaya muara yang ditemukan warga ini diduga sudah ada sejak setahun lalu. Kala itu ada warga melihat saat sedang memancing meski ukuran tubuhnya belum sebesar saat ini. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI