Budaya Jadi Filter Globalisasi Generasi Muda

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Budaya menjadi filter utama generasi muda di tengah meluapnya arus informasi di era globalisasi saat ini. Namun, adanya jarak usia pengambil kebijakan dan kaum muda, menjadikan gerakan literasi budaya kurang mengena.

Diskusi menarik ini muncul dalam Diseminasi Nilai Budaya yang digelar Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta di Hotel Harper, Kamis (04/03/2021). Perwakilan generasi muda dari Kota Yogyakarta hadir secara terbatas dalam agenda yang dijadwalkan tiga tahap, yakni 4, 18 dan 23 Maret 2021.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Yetti Martanti mengatakan pihaknya tak menampik adanya jarak yang membuat transmisi nilai budaya pada generasi muda menjadi tidak maksimal. Era audio visual misalnya menurut dia, wajib dihadirkan saat ini untuk menghantarkan hal-hal terkait budaya agar mudah dipahami.

“Ini yang kami inginkan dari acara ini, bagaimana anak muda mendapatkan pemahaman utuh mengenai budaya, nasionalisme yang mereka bisa tangkap. Caranya melalui audio visual, budaya harus bergerak dinamis juga agar bisa dipahami seturut jaman,” ungkapnya pada wartawan di sela acara.

Yetti mengatakan bawasanya budaya menjadi filter utama di era globalisasi saat ini. Banyaknya arus informasi, membuat generasi muda bisa mendapatkan berbagai hal yang tak jarang kurang tepat diterapkan di Indonesia atau Yogyakarta.

“Nilai budaya inilah yang jadi filter, jadi teman-teman muda tahu mana yang baik dan tidak. Mana yang harus dilakukan mana yang tidak. Di sisi lain, generasi muda bisa berkarya, punya kemampuan di bidang apapun. Ini yang kami harapkan bisa selaras dengan globalisasi. Budaya dan globalisasi ini bisa berjalan dengan beriringan,” tandas dia.

Yetti berharap, perwakilan anak muda Kota Yogyakarta ini bisa menyebarkan semangat positif ketika berada di tengah-tengah masyarakat nantinya. “Karya-karya nyata teman-teman ini yang kita tunggu. Pemerintah terus berusaha bergerak, di tengah keterbatasan untuk mendukung,” pungkasnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI