Budidaya Ikan Hias, Peluang Menjanjikan

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Budidaya ikan hias menjadi peluang bisnis cukup menjanjikan. Selain warna dan bentuk yang tergolong menarik, budidaya ikan hias terbilang mudah dan terjangkau. Hal tersebut menjadikan daya tarik tersendiri bagi penggemar.

Sementara di wilayah DIY, khususnya Kabupaten Bantul berdiri Kelompok Buana Mina di Padukuhan Kadisoro Gilangharjo Pandak Bantul sebagai pembudidaya ikan hias sejak 2003. Bahkan, kelompok ini menjadi pembudidaya ikan hias terbesar di Yogyakarta.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan DIY Ir Bayu Mukti Sasongko, mengatakan ikan hias merupakan salah satu komoditas yang berpotensi untuk dikembangkan di wilayah DIY. Sebab budidayanya tidak memerlukan lahan yang luas. Pihaknya juga memberikan dukungan serta bimbingan penuh terhadap petani ikan hias agar terus berkembang dan mendapatkan omzet yang tinggi.

"Bisnis ikan hias masih menguntungkan baik di tingkat pembudidaya maupun pedagang. Mengembangkan ikan hias dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena nilai keuntungannya yang tinggi," kata Bayu.

Jenis ikan hias yang diproduksi kelompok Buana Mina, seperti ikan jenis Plati, Guppy, Swordtail, Manfish, Cupang, Koki dan beberapa jenis ikan Koi. Dalam sebulan, produksinya mencapai 50.000 ekor yang terdiri dari beberapa jenis ikan hias. Sampai saat ini Kelompok Buana Mina mempunyai jaringan pasar yang sangat luas hingga mampu memasarkan di wilayah DIY, Jateng, Jawa Timur, Jawa Barat hingga luar Jawa seperti Kalimantan, Riau, Makassar, dan Medan. (Feb)

BERITA REKOMENDASI