Bukan Hoax, Ini Fakta Terbaru Perkembangan Corona di DIY,

PEMERINTAH Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta memutuskan belum menetapkan Kasus Luar Biasa (KLB) untuk penyebaran wabah corana akhir-akhir ini. Namun, ada beberapa kasus yang muncul dan dinyatakan positif corona.

Biar tidak termakan ‘hoax’ atau berita palsu, berikut perkembangan atau fakta baru mengenai pemberitaan corona di DIY.

1. Balita positif Corona

Satu pasien RSUP Dr Sardjito Yogyakarta dinyatakan positif terkena virus Korona jenis baru (Covid19). Ia merupakan pasien nomor 49, balita laki-laki berusia tiga tahun.

“Betul ada satu kasus positif virus Korona, masih anak-anak usia 3 tahun di RSUP Dr Sardjito. Yang lain baru diperiksa tetapi belum ada pernyataaan resmi positif,” ujar Sultan HB X.

Humas RSUP Dr Sardjito Banu Hermawan mengatakan, pasien tersebut tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri dan hanya mengunjungi Kota Depok beberapa waktu lalu. Pasien nomor 49 itu juga tidak pernah
melakukan kontak langsung dengan pasien positif Covid-19. “Pasien dirawat di RSUP Dr Sardjito sejak Senin (9/3) dan dinyatakan positif pada Jumat (13/3). Sampai saat ini masih berada di
ruang isolasi,” ujarnya.

Banu menjelaskan, orangtua dari balita itu juga ikut diisolasi untuk mencegah terjadinya penyebaran yang lebih massif. Meski begitu, hingga kini, hasil pemeriksaan kedua orangtua balita belum diketahui apakah positif virus Covid-19 atau tidak. “Hingga kini kedua orangtuanya tidak ada gejala batuk dan sesak napas maupun gejala Covid-19 lainnya,” tutur Banu.

BERITA TERKAIT