Bulan Depan Jogoboro Aktif Lagi, Sat Pol PP Tindak PKL Liar di Malioboro

YOGYA, KRJOGJA.com – Sat Pol PP sejak satu bulan terakhir intensif melakukan penindakan terhadap PKL liar di kawasan Malioboro. Hal ini seiring belum aktifnya petugas Jogoboro akibat masih dalam tahap pengadaan jasa. Meski demikian, PKL liar masih banyak yang beraktivitas lantaran kucing-kucingan dengan petugas. 

Baca Juga: Pria Ini Ereksi Selama Tiga Hari, Begini Akhirnya

"Sudah ada puluhan PKL liar yang kami tertibkan dengan tindak pidana ringan (tipiring). Tapi memang banyak yang kucing-kucingan. Saat petugas patroli, mereka bersembunyi di tempat yang dianggap aman. Begitu selesai patroli, kembali muncul," ungkap Kepala Sat Pol PP Kota Yogya Agus Winarto, Senin (27/1/2020). 

Agus mengaku, pihaknya tidak memberikan kompromi terhadap pedagang liar di kawasan Malioboro. Terutama aktivitas perdagangan di tempat yang dilarang. Skema patroli dilakukan dua kali dalam sehari, namun akan diintensifkan ketika libur akhir pekan. Diakuinya, petugas Sat Pol PP tidak bisa berjaga setiap waktu layaknya Jogoboro.

Pihaknya berharap seluruh elemen terutama para pedagang dapat mengikuti aturan yang berlaku. Semakin sering aturan dilanggar, maka kenyamanan pengunjung akan terganggu. "Masih ada pedagang yang pernah terjaring tipiring namun tetap melakukan pelanggaran yang sama. Ini butuh kesadaran semua pihak demi kenyamanan dan ketertiban di Malioboro," tandasnya.

Selain pedagang liar, kegiatan patroli yang dilakukan Sat Pol PP Kota Yogya juga ditujukan untuk menertibkan gelandangan dan pengemis. Meskipun nanti petugas Jogoboro sudah kembali bertugas, tetapi kegiatan patroli dan penertiban di kawasan Malioboro tetap akan dilakukan.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Malioboro Ekwanto, mengatakan proses pengadaan jasa keamanan di Malioboro ditargetkan sudah selesai akhir Januari. Sehingga seluruh Jogoboro sudah bisa bertugas mulai 1 Februari 2020. "Begitu bertugas, nanti harus langsung bekerja keras untuk guna memastikan keamanan, ketertiban, dan kenyamanan di Malioboro. Jogoboro akan selalu stand by melakukan patroli selama 24 jam," jelasnya.

Baca Juga: Over Aktivitas Seks, Nih Akibatnya..

Jumlah petugas Jogoboro yang akan bertugas untuk memastikan keamanan dan ketertiban di Malioboro mencapai 110 orang. Mereka akan bertugas secara bergantian berdasarkan pengaturan shift. Kekuatan personel keamanan di tiap shift mencapai sekitar 30 hingga 40 orang.(Dhi)

BERITA REKOMENDASI