Bulog Divre DIY Targetkan Buka 500 Outlet Rumah Pangan

YOGYA (KRjogja.com) – Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Divre DIY menargetkan membentuk Rumah Pangan Kita (RPK) di DIY hingga 2016 ini. Kehadiran RPK di setiap Rukun Warga (RW) ini bertujuan untuk memperpendek mata rantai distribusi atau mendekatkan diri kepada masyarakat guna menjaga kestabilan harga komoditas pangan.

"Saat ini sudah ada 85 RPK di DIY, nantinya kami akan hadirkan hingga 500 RPK hingga Desember 2016 nantinya. Kali ini kami hadirkan dan distribusi komoditas pangan tidak hanya ditingkat pedagang tetapi di tingkat RW," ujar Kepala Perum Bulog Divre DIY, M Sugit Tedjo Mulyono kepada KRjogja.com, Kamis (4/8/2016).

Sugit mengatakan RPK  ini menyedikan empat komoditas pangan yaitu beras, gula pasir, minyak goreng dan bawang merah. Komoditas pangan yang dijual tersebut tidak sebatas empat komoditas tersebut, masyarakat bisa mengusulkan komoditas pangan lainnya seperti telur ayam ras, daging dan sebagainya.

"Apabila ada yang meminta komoditas pangan lain silahkan, kami siap menyedikan di RPK. Misalkan butuh telur ayam kita akan sediakan di RPK nantinya," katanya.

Kehadiran RPK ini memang bertujuan untuk mendekatkan konsumen dengan berbagai komoditas pangannya sehingga memperpendek mata rantai distribusi. Sehingga harga di RPK merupakan harga patokan bagi komoditas pangan lainnya di pasaran.

"RPK ini hadir untuk membantu menstabilkan harga komoditas pangan di pasaran. Contohnya harga gula pasir sebelumnya berkisaran Rp 15.000 hingga Rp. 16.000/Kg kini telah menjadi Rp 13.500 sampai Rp 14.000/Kg," imbuh Sugit.  (R-4)

 

BERITA REKOMENDASI