Buruh Bangunan Tewas Kesetrum

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Seorang buruh bangunan tewas setelah tersengat arus tegangan tinggi saat memasang instalasi listrik di sebuah bangunan bekas pabrik kawasan Jalan Kusumanegara Yogyakarta, Rabu (27/03/2019). Rida Purwanto (40) warga Bandung Jawa Barat (Jabar) yang tengah melakukan pengerjaan di lantai dua lupa tak mematikan meteran listrik sehingga saat memasang instalasi tidak sengaja tang yang dibawanya menyentuh kabel. Korban langsung tersetrum dan tubuhnya terpental lalu terjun bebas dari ketinggian sekitar 10 meter.

Seperti biasanya korban dan beberapa buruh lainnya melakukan pengerjaan di proyek bangunan tersebut. Korban bertugas pada bagian kelistrikan dan saat kejadian tengah melakukan perbaikan saluran listrik di lantai dua.

Korban mengira aliran listrik telah dimatikan sehingga ia dengan santai melakukan pekerjaannya. Pada saat itu korban memegang tang dan diarahkan ke salah satu kabel untuk dililitkan, namun yang terjadi ia malah tersetrum.

"Melihat korban tersetrum, buruh yang lain segera mematikan sambungan listrik. Korban segera terlepas dari kabel lalu terjatuh tak sadarkan diri," ungkap Kapolsekta Umbulharjo, Kompol Alaal Prasetyo.

Korban sesaat sempat sadar dan meminta air putih kepada teman-temannya. Oleh buruh lainnya korban segera dibawa ke RS Harjolukito untuk mendapatkan perawatan pertama.

Walau sempat sekitar 30 menit mendapatkan perawatan di rumah sakit namun nyawa korban tak dapat diselamatkan. Korban tewas karena menderita luka pada beberapa bagian tubuhnya akibat terjatuh dari lantai dua luka bakar di tangan.

"Korban dinyatakan meninggal dunia di rumah sakit. Korban selanjutnya akan diserahkam kepada pihak keluarga untuk segera dimakamkan," jelasnya. (Van)

BERITA REKOMENDASI