Butuh Waktu Seminggu Tuntaskan Tumpukan Sampah

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Kendati Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan sudah kembali dibuka per Jumat (29/03/2019), namun tumpukan sampah di Kota Yogya belum dapat langsung teratasi. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogya setidaknya membutuhkan waktu hingga sepekan ke depan.

Menurut Kepala DLH Kota Yogya Suyana, seluruh armada pengangkut sampah yang mencapai 40 unit dalam kondisi penuh. Belum lagi di sembilan depo serta 115 TPS yang kondisinya juga dipenuhi tumpukan sampah. "Perhitungan kami, kondisi akan normal kembali sampai sepekan," jelasnya.

Proses distribusi sampah dari depo di Kota Yogya menuju TPST Piyungan harus dilakukan secara bertahap karena harus mengurangi antrean. Hal ini lantaran persoalan yang dialami warga sekitar TPST Piyungan adalah panjangnya antrean kendaraan serta lamanya proses pembongkaran sampah, sehingga mengganggu kenyamanan warga.

Suyana mengaku, armada yang diberangkatkan ke TPST Piyungan membutuhan waktu hingga lima jam untuk bisa kembali ke depo di Kota Yogya. Oleh karena itu perlu ada prioritas dalam mengurai sampah yang kondisinya meluber di setiap depo maupun TPS.

"Belum lagi sampah yang tertahan di kampung-kampung, jumlahnya juga cukup banyak. Tapi kami prioritaskan di kawasan wisata agar tidak ada sampah yang meluber dan mengganggu wisatawan," ujarnya. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI