Buya Syafii Maarif: Ayo Kembali ke Islam yang Rahmattan lil Allamin

YOGYA (KRjogja.com) – Ahmad Syafii Maarif atau kerap disapa Buya Syafii Maarif Senin (29/8/2016) meluncurkan komik berisi kisah perjalanannya bertemu wong cilik yang diberi judul 'Bengkel Buya'. Ia pun sempat melempar harapan agar umat Muslim di Indonesia bisa mengembalikan akidah Rahmattan lil Allamin atau Islam sebagai rahmat bagi alam semesta.

Di hadapan ratusan siswa-siswi Muallimin Yogyakarta, Buya menyampaikan saat ini umat Muslim khususnya di Indonesia lebih banyak mencari kesalahan orang lain untuk membenarkan perbuatan pribadi. Hal tersebut menurut dia jauh dari ajaran Islam sesungguhnya yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW.

"Quran dan Islam itu rahmat alam semesta tapi sekarang hanya banyak di kata-kata saja. Kita lihat dunia ini bagaimana saat ini, mana rahmat dan Keislaman itu sendiri, kita harus mulai melihat ke dalam diri kita masing-masing," ungkapnya.

Banyaknya gerakan radikal yang mengatasnamakan Islam menurut Buya juga harus mendapatkan perhatian dari umat Muslim. "Itu hanya gerakan bunuh diri saja menurut saya, kita harus memikirkan bersama bahwa Islam bukan seperti itu, Indonesia tidak seperti itu," lanjutnya.

Tak hanya itu, Buya juga mengajak masyarakat Indonesia untuk peduli terhadap lingkungan alam yang dirasa telah mengalami banyak kerusakan akibat keserakahan manusia. Ia menyoroti masyarakat yang hanya ingin hidup nyaman meskipun berada dalam tekanan asing yang sangat kuat.

"Hutang negara kita ini sangat banyak, bayi dalam kandungan saja sudah menanggung hutang negara. Ini masalah besar dan kita umat Muslim di Indonesia harus mengatasi masalah ini, jangan sampai ungkapan Bung Karno kita akan menjadi bangsa jongos benar-benar terjadi," pungkasnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI