Cak Imin Gowes Bareng Alumni MAN 1 Yogyakarta

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Wakil Ketua MPR, Muhaimin Iskandar mengikuti acara gowes bareng dalam rangka Milad ke-68 MAN 1 Yogyakarta, Minggu (01/04/2018) pagi. Cak Imin, sapaan akrab politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini hadir sebagai salah satu alumni MAN 1 Yogyakarta. Kesempatan ini tak disia-siakan Cak Imin untuk bertemu sekaligus reuni bersama teman-teman seangkatannya yang pernah menimba ilmu di MAN 1 Yogyakarta.

Cak Imin tampil santai mengenakan kaos warna abu-abu motif merah dengan celana jeans biru muda, lengkap memakai kaca mata khasnya dan helm ala pesepeda. Pria kelahiran Jombang Jawa Timur (Jatim) 52 tahun silam ini mengikuti seluruh rangkaian sepeda santai yang menempuh jarak sekitar 5 kilometer dengan mengambil star dan finish di MAN 1 Yogyakarta terletak di Jalan C Simanjuntak no 60 tersebut.

Dengan sepeda jenis montain bike (sepeda gunung) warna hitam, mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini terlihat didampingi Kakanwil Kemenag DIY Drs H Muhammad Lutfi Hamid MAg  beserta para panitia. Setelah sekitar 1 jam bersepeda menyusuri jalan-jalan protokol kota ini, Cak Imin bersama rombongan mengakhiri gowes bareng tepat di pintu gerbang MAN 1 Yogyakarta.

Ditemui wartawan usai kegiatan, Cak Imin mengaku senang bisa kembali lagi ke Madrasah tempatnya menuntut ilmu dahulu. Baginya MAN 1 Yogyakarta memiliki arti yang penting dalam perjalan hidup maupun karirnya hingga ia bisa jadi seperti sekarang ini.

“Senang bisa bersepeda sejauh 5 kilometer dan bertemu dengan taman-teman. Ternyata banyak teman-teman dari MAN 1 Yogyakarta ini yang telah sukses,” kata Cak Imin.

Dengan milad ini Cak Imin berharap dapat dijadikan sarana untuk meningkatkan semangat kekeluargaan antar sesama alumni maupun para guru pengajar. Ia juga berharap kegiatan akbar MAN 1 Yogyakarta seperti ini dapat terus berlangsung minimal satu tahun sekali untuk lebih mempererat tali silaturahmi.

Sementara itu Ketua Panitia Milad ke-68 MAN 1 Yogyakarta, Endang Sri Utami MPd menjelaskan acara ini mengambil tema ‘Indahnya Kebersamaan Bersama Mansa’. Sama seperti apa yang dikatakan Cak Imin, ia berharap melalui acara ini dapat mengumpulkan para alumni serta serta civitas akademika. “Ngumpulke balung pisah (mengumpulkan tulang-tulang yang terpisah),” ujarnya.

Ratusan alumni nampak larut mengikuti kegiatan gowes bareng ini. Panitia telah menyiapkan beragam doorprize menarik antara lain sepeda motor, sepeda gunung, TV dan masih banyak lagi hadiah lainnya.

Selain gowes bareng, rangkaian Milad ini juga dimerihkan dengan kegiatan Mansa Youth Sport and Art-Islamic Competition (Mosaic) dan Mansa Gawe TryOut (mango) pada Minggu (25/03/2018) lalu. Ada pula Tasyakuran, Sarasehan, Reuni Akbar dan Talkshow serta Launching E-Madrasah, Sabtu (31/03/2018) kemarin.

Beberapa narasumber tokoh nasional dan alumnus MAN 1 Yogyakarta turut diundang dalam kegiatan ini, seperti Prof Dr Mahfud MD SH, serta Direktur KSKK Madrasah Kemenag RI Dr HA Umar MA. Sarasehan yang bertema ‘Eksistensi Madrasah dalam Melahirkan Pemimpin Bangsa di Era Milenium’ itu telah dihelat di Gedung Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardja Soemantri (Purna Budaya) Universitas Gadjah Mada. (Van)

BERITA REKOMENDASI