Cakra DIY Siap Wujudkan Target 70 Perolehan Suara Jokowi – Maruf

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Cakra 19 DIY, organisasi relawan pendukung Jokowi bertekad untuk mewujudkan target 70 persen lebih perolehan suara pasangan Capres-Cawapres nomor urut 01, Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin di DIY pada Pilpres, 17 April mendatang. Meski bukan partai politik dan tidak masuk dalam Tim Kampanye Nasional maupun Daerah, namun Cakra 19 akan berjuang sekuat tenaga berkontribusi mewujudkan target tersebut.

Ketua Bidang Komunikasi Cakra 19 DIY, Luluk Hadijanto mengatakan, Pemilu yang kurang dari sebulan lagi membutuhkan kerja keras dan kerja cerdas dari seluruh elemen, baik parpol maupun relawan pendukung Jokowi, termasuk Cakra 19. Menurut Luluk, salah satu tantangan terbesar adalah beredarnya fitnah yang menyerang pribadi Presiden Jokowi atau berita bohong (hoax) yang menganggap pemerintah telah gagal, tanpa didukung data valid.

"Relawan Cakra 19 siap turun door to door menyapa seluruh lapisan masyarakat (mahasiswa, nelayan, pedagang dan lain-lain) untuk memberikan penjelasan sekaligus meluruskan berita hoax dan fitnah tersebut," terang Luluk kepada KRJOGJA.com disela acara konsolidasi relawan Cakra 19 DIY dan penguatan strategi pemenangan di Bale Timoho Yogyakarta, Senin (25/03/2019).

Menurut Luluk, masyarakat sangat mungkin terpapar berita hoax, sehingga perlu upaya untuk melawannya, yaitu dengan memberikan informasi yang sebenarnya. Relawan Cakra 19 telah dibekali pengetahuan dan strategi untuk memahamkan masyarakat dan meluruskan berita hoax.

"Pemahaman masyarakat yang telah benar perlu dirawat (maintenance). Kalau ada berita hoax yang beredar, itu perlu dilawan dengan memberikan pemahaman yang benar," ujarnya.

Koordinator tim sosialisasi relawan Cakra 19 DIY, Nur Fatah mengatakan, isu yang sering dimainkan (digoreng) untuk mendiskreditkan pemerintahan Jokowi, paling banyak adalah soal ekonomi, hutang negara, pajak, program pembangunan infrastruktur dan dana desa.

Pihaknya telah menyiapkan data-data valid mengenai capaian/prestasi pemerintah di bawah Presiden Joko Widodo yang terbukti mampu memberikan kemajuan, peningkatan kesejahteraan dan pemerataan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. "Relawan Cakra 19 DIY siap memberikan penjelasan dan klarifikasi," tuturnya. (Dev)

BERITA REKOMENDASI