Calon Perseorangan Harus Penuhi Syarat Dukungan Minimal

YOGYA (KRjogja.com) – Bila tidak mampu memenuhi persyaratan, maka calon perseorangan dipastikan gagal maju dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2017.  Komisi Pemilihan Umum Kota Yogya memberikan batasan waktu 6-10 Agustus 2016 pukul 16.00 WIB bagi pasangan calon perseorangan untuk penyerahan dokumen dukungan.
 
"Pendaftaran bagi pasangan calon perseorangan terbuka hingga batasan waktu di atas, dengan syarat minimal bisa menyerahkan 26.374 KTP pendukung yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih, serta minimal jumlah sebaran dukungan bakal pasanga sekurang-kurangnya 8 kecamatan di Kota Yogya," tutur Ketua KPU Kota Yogyakarta, Wawan Budiyanto kepada KRJogja.com, Senin (25/07/2016) di kantornya, Jalan Magelang, No 41 Yogya.

Setelah dokumen dukungan pasangan calon perseorangan  dikumpulkan akan dilakukan verifikasi administratif dan verifikasi faktual. "KPU sudah menyiapkan Tim Verifikasi, terdiri dari penyelenggara pemilu ad hoc," jelasnya.

Namun seandainya calon perseorangan tidak mampu mengumpulkan 26.374 dukungan, dan sekurang-kurangnya tersebar di 8 Kecamatan Kota Yogya, maka KPU akan terus melakukan Rapat Pleno dan memutuskan tidak ada calon perseorangan yang maju dalam Pemilihan Walikota dan Wawali Yogyakarta, tegas Wawan. (*-2)

BERITA REKOMENDASI