Calon Siswa Baru Diminta Tidak Terjebak Isu Hoax

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Calon siswa baru dan orang tua murid diminta untuk tidak terpancing isu menyesatkan atau hoax seputar pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) dengan meminta keterangan resmi dari sekolah. Sebab sistem yang diterapkan sekarang lebih transparan secara online. Kecurangan sangat sulit terjadi karena dilakukan pengawasan secara ketat. 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo Darno, Senin (24/6) mengatakan, sistem PPDB sekarang sudah sangat transparan dan dalam pengawasan ketat. Karena itu sangat kecil sekali terjadi praktek kecurangan. Masyarakat khususnya calon orang tua murid tidak perlu resah dengan penerapan sistem tersebut. Mereka juga diminta tidak terpancing isu menyesatkan seputar pelaksanaan PPDB. 

Calon siswa baru dan orang tua murid bisa mendapatkan informasi resmi pelaksanaan PPDB di sekolah dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo. Hal tersebut penting karena pelaksanaan PPDB sudah ada tata cara atau petunjuk resmi dari pemerintah.

"Masyarakat khususnya calon siswa baru dan orang tua murid jangan terpancing hoax atau isu menyesatkan seputar PPDB. Silahkan mencari informasi resmi ke sekolah dan dinas. PPDB dilaksanakan dengan sistem online sehingga sangat kecil terjadi kecurangan," ujarnya.

Darno mengatakan, dari informasi yang diterima dari beberapa guru disejumlah sekolah diketahui bahwa masyarakat mendapat informasi saat pelaksanaan PPDB memakai sistem siapa cepat. Artinya siapa pendaftar pertama di sekolah maka orang itu yang akan diterima sebagai siswa baru. 

"Dinas sudah meminta pada sekolah untuk aktif menyebarluaskan informasi seputar pelaksanaan PPDB pada masyarakat. Dari dinas khusus untuk pelaksanaan PPDB SMP juga sudah memasang baliho berisi jadwal dan tahapannya. Sedangkan untuk PPDB SMA dan SMK jadi kewenangan provinsi," lanjutnya.

Ketua panitia PPDB SMAN 1 Sukoharjo Agus Widodo mengatakan, sesuai jadwal proses PPDB SMA dimulai pada 24 – 28 Juni dengan verifikasi berkas. Pada tahapan ini pihak panitia PPDB SMAN 1 Sukoharjo sempat dibuat kaget dengan banyaknya antrean calon siswa baru dan orang tua murid di luar gerbang sekolah sejak pagi. Setelah diminta keterangan oleh pihak sekolah ternyata mereka rela datang sejak pagi karena ada kabar pelaksanaan PPDB menggunakan sistem siapa paling cepat mendaftar merekalah yang diterima. (Mam)

BERITA REKOMENDASI