Capaian Investasi di DIY Bakal Terus Tumbuh

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Investasi baik Penanaman Modal Asing (PMA) maupun Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) di DIY memiliki kecenderungan naik pada 2020. Hal tersebut dapat dilihat dari realisasi PMA dan PMDN DIY yang mencapai Rp 2,5 triliun pertriwulan III 2019.

Kepala Dinas Perizinan dan Penanaman Modal (DPPM) DIY Arief Hidayat mengatakan, sesuai arahan Gubernur DIY, pihaknya harus mencari faktor-faktor pendorong investasi yang lainnya. Sebab realisasi investasi triwulan III 2019 di DIY untuk PMDN didominasi sektor konstruksi Rp 1,5 triliun atau 62,9 persen khususnya konstruksi bandara baru di Kulonprogo.

Baca juga :

‘Radja Melawan Arus’, Cara Warga Brontokusuman Tarik Perhatian Turis Prawirotaman
Pemda Diminta Perbanyak Komunikasi dengan Masyarakat

"Pembangunan konstruksi di Bandara Internasional Yogyakarta (BIY) sudah mau selesai, jadi mau tidak mau kita harus mencari sektor-sektor lainnya khususnya akselerasi kawasan prioritas di DIY," ujar Arief.

Arief mengaku mulai menggarap program-program infrastruktur strategis dengan skema Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) yang diprioritaskan seperti Jogja Agro Techno Park (JATP), Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Kamijoro, Tempat Pengelolahan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan dan Pelabuhan Tanjung Adikarto. Kegiatan usaha di sekitarnya harus dibangkitkan dan diharapkan sebagai bagian atau pengganti dominasi sektor kontruksi terhadap realisasi investasi di DIY sebelumnya. (Ira)

BERITA REKOMENDASI