Cara Anak Usaha KAI Beradaptasi di Tengah Pandemi Covid

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – PT Reska Multi Usaha bersama PT KAI Daop 6 Yogyakarta membagikan ratusan box menu berbuka puasa untuk warga masyarakat di seputar Stasiun Tugu Yogyakarta, Jumat (15/05/2020). Anak perusahaan KAI tersebut kini berusaha beradaptasi memutar kebiasaan di tengah pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia.

Pasca tak beroperasinya angkutan kereta api terutama jarak jauh, praktis banyak sumber daya manusia yang tidak bisa bertugas. Salah satunya yakni pramugari dan pramugara yang biasanya melayani restorasi di atas rangkaian kereta.

Sejak dua bulan terakhir, mereka punya tugas baru dari perusahaan yakni sebagai kurir pengantar makanan. Mereka akan memberikan pelayanan pesan antar bagi pelanggan yang mengakses aplikasi Lokomart.

Mardika, Junior Manager Planning and Evaluation PT Reska Multi Usaha menyebut para pramugari dan pramugara di masa pandemi ini akan berubah menjadi pengantar makanan atau produk Reska hingga ke depan pintu pelanggan. Hal tersebut menurut dia sangat menarik karena pelanggan bisa mendapatkan pengalaman baru mendapat hantaran dari pria/wanita cantik yang biasa hanya ditemui di atas gerbong kereta.

“Ini upaya kami beradaptasi di masa pandemi. Teman-teman pramugari dan pramugara tak bisa bertugas di kereta setelah angkutan berhenti. Sekarang mereka dapat tugas baru untuk mengantarkan makanan, minuman atau produk pesanan konsumen dari aplikasi LokoMart,” ungkap Mardika usai pembagian buka puasa, Jumat (15/05/2020).

Pengantaran sendiri bisa dilakukan di seluruh wilayah DIY dengan jarak 10 kilometer atau lebih. Reska menyampaikan tak ada minimal order untuk pengantaran makanan, minuman, paket layanan lain yang ada di aplikasi.

“Tidak ada minimal, bahkan pesan minuman ready to drink seperti yang biasa ada di kereta pun bisa. Kalau ada yang kangen kan biasa naik kereta, bisa order melalui aplikasi itu,” ungkapnya lagi.

Sementara Kepala Daop 6 Yogyakarta, Eko Purwanto menambahkan di masa pandemi pihaknya terus berupaya membantu pemerintah menjangkau masyarakat terdampak dalam bentuk kegiatan sosial. “Salah satunya kami membagikan menu berbuka puasa atau paket sembako yang sampai saat ini sudah kita berikan kurang lebih 1200 paket. Harapannya bisa membantu masyarakat melewati masa pandemi ini,” ungkapnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI