Cara BRI Hindarkan Masyarakat dari Lintah Darat

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Masyarakat khususnya di kawasan pedesaan hingga 2019 ini masih banyak menjadi korban lintah darat saat mengakses perkreditan. Syarat yang mudah menjadi salah satu alasan kemudian masyarakat lebih memilih meminjam uang dari pihak bukan perbankan resmi tersebut hingga terjerat bunga dan cicilan tinggi.

Hal tersebut coba diurai BRI melalui program nyata bertajuk BRISpot. Dilaunching 1,5 tahun silam, program tersebut ternyata mampu membantu masyarakat khususnya di wilayah DIY. Proses cepat mengakses Kredit Usaha Rakyat (KUR) dalam waktu kurang dari satu hari menjadi andalan hingga program tersebut mendapat atensi masyarakat.

Dedi Juhaini, Pimpinan Wilayah BRI DIY menyebut program BRISpot sendiri diluncurkan untuk membantu masyarakat mengakses layanan perbankan yang selama ini dirasa sulit dan bertele-tele. Akhirnya, masyarakat memilih mengakses kredit pada lintah darat yang kemudian membuat masyarakat lebih dalam masuk dalam sebuah masalah.

“Di DIY program BRISpot sendiri mendapat perhatian yang sangat tinggi, karena masyarakat bisa mengakses dengan mudah. Agen kami yang biasa disebut Mantri BRI turun ke pedesaan dan membantu akses masyarakat ke perbankan, dengan proses yang terbilang cepat,” ungkapnya pada wartawan Sabtu (22/6/2019).

Melalui BRISpot, pengakses kredit akan dipermudah proses pengajuan termasuk BI Checking yang selama ini dirasa membutuhkan waktu lama. NIK pada KTP hanya harus difoto saja dan disetujui oleh pengambil keputusan dari kantor BRI.

“Data difoto oleh Mantri dan langsung sampai kantor, nanti per dua jam ada pengambil keputusan yang akan memberikan acc. Kalau lolos semua, pagi mengajukan jam 15.00 bisa dicairkan ke kantor BRI terdekat,” tambahnya.

Kredit tersebut menurut Dedi bisa menjangkau ke tataran lebih kecil daripada kredit mikro. Jumlah pinjaman pun bisa jauh lebih kecil hingga yang terbesar mencapai Rp 250 juta.

“Di DIY, 40-50 persen masyarakat di pedesaan sudah menggunakan sistem tersebut, ini harapan kami bisa membantu mengatasi permasalahan pinjaman masyarakat ke lintah darat. Akses perbankan bisa lebih mudah dan cepat bahkan untuk masyarakat yang membutuhkan kredit dalam skala kecil,” pungkas dia. (Fxh)

 

 

BRI

BERITA REKOMENDASI