Career Day, Sajikan Ragam Karya Siswi

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA (KRJogja.com) – Ratusan siswi Madrasah Mu'allimat Muhammadiyah Yogyakarta antusias mengikuti 'Career Day' di kampus mereka, Suronatan, Kamis (3/11). Mereka membentuk kelompok kerja dan menampilkan hasil kompetensi yang berbeda sesuai jenjang. Kelas X dan XI program sosial melakukan 'Market Day', sebuah kegiatan jual beli khususnya kuliner. Sedangkan kelas program ilmu alam, menyajikan hasil ujicoba ilmu pengetahuan. Sementara kelas XII mengikuti seminar perguruan tinggi dari UGM, UNY, UIN dan UPN.

 

Di jenjang Tsanawiyah, kelas IX terlibat dalam 'Job Fashion' (memakai baju sesuai cita-cita) serta orientasi dari alumni. Untuk kelas VIII menggelar kegiatan ekstrakurikuler, sedangkan kelas VII mengasah kreativitas menggunakan barang bekas menjadi barang yang bermanfaat .

Drs H Agung Danarto MAg, Ketua BPH Madrasah Mu'allimin-Mu'allimat Muhammadiyah Yogyakarta menjelaskan, 'Career Day' adalah agenda tahunan Madrasah Mu'allimat Muhammadiyah Yogyakarta. Tujuannya untuk mengenal, memahami, mengekspresikan ragam pekerjaan dan aktivitas manusia yang sesuai dengan kemampuan serta minat para siswi.

"Madrasah Mu'allimat Muhammadiyah Yogyakarta merupakan lembaga pendidikan khusus putri dengan misi menyiapkan, membentuk pemimpin, pendidik, sebagai kader Muhammadiyah dan 'Aisyiyah. Kompetensi utama kelulusan yakni, kompetensi dasar keilmuan, bahasa asing, akhlak dan kepribadian, keguruan, kewirausahaan, organisasi dan pergerakan," papar Agung Danarto.

Dengan adanya 'Career Day' para siswi mengaku bisa lebih berkreasi dan berekspresi lewat karyanya. Sedangkan bagi pengunjung, karya yang disajikan mampu memberi pengetahuan baru. "Kami membuat 'bubble soap', gelembung-gelembung sabun yang bisa dihias warna-warni. Kemudian percobaan susu dicampur soda. Dari campuran itu, maka susu akan mengendap dalam waktu 1 jam. Campuran susu dan soda tidak baik dikonsumsi, karena akan mengganggu ginjal," urai Ami Dzulfahmi yang didampingi, Alya Dlya dan Safyra Putri, siswa kelas X. (Aya)

BERITA REKOMENDASI