Catat! 5 Kawasan di Jogja yang Rawan Pohon Tumbang

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) DIY mencatat tercatat sekitar 300 bencana pohon tumbang terjadi di DIY sejak tahun 2019. Kejadian pohon tumbang banyak menimpa pemukiman warga dan di jalanan. Bencana pohon tumbang saat ini hampir sering terjadi, mengingat musim pengujung hujan di DIY masih berlangsung hingga saat ini.

Dari data yang diperoleh, kabupaten yang tercatat mengalami bencana pohon tumbang adalah Kec. Turi, Kec. Berbah, Kec. Bantul, Kota Baru dan kawasan TNI AU. "Kalau kita prediksikan bencana pohon tumbang di DIY sejak tahun 2019 kiranya ada 300 pohon yang sudah tumbang," ungkap Agus Riyanto perwira regu TRC BPBD DIY. Kamis (07/03/19).

Menurut Agus, baik dari pihak TRC, Dinas Linkungan Hidup (DLH) tidak bisa memastikan kapan pohon bakal tumbang. Sehingga TRC selalu menghimbau kepada masyarakat yang menanam pohon secara mandiri untuk tetap waspada terjadinya bencana pohon tumbang. Karena menurutnya, hujan deras disertai angin kencang dan kondisi akar pohon yang sudah keropos menjadi penyebab pohon tumbang.

Agus mengingatkan, TCR BPBD DIY tidak mengharuskan masyarakat untuk melakukan penebangan pohon. Hanya saja daun-daun atau ranting pohon yang sudah lebat, disarankan untuk dilakukan pemangkasan.

Menurut pantaun krjogja.com di akun resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisik (BMKG) Stasiun klimatologi dan radar cuaca DIY. Cuaca di Yogayakarta dibulan Maret masih mengalami hujan sedang , ringan dan hujan lebat yang diserta petir dan angin kencang.

TRC BPBD DIY juga menghimbau kepada masyarakat untuk menjauhi pohon besar jika terjadi hujan lebat yang diserta angin kencang. Tidak disarankan untuk berteduh dan parkir kendaraan di bawah pohon yang berpotensi tumbang.

" Untuk menghindari bencana semacam ini, tentu semua pihak harus dapat bekerja sama baik pengendara yang melintas ke jalan atau warga yang ada dipemukiman," pungkasnya. (Ive)

 

BERITA REKOMENDASI