Catat! Mulai Hari Ini Jam Ujicoba Pedestrian Malioboro Diubah

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Uji coba manajemen rekayasa lalu lintas untuk mendukung pedestrianisasi Malioboro yang semula diberlakukan dari pukul 06.00 hingga 22.00 WIB disesuaikan menjadi pukul 17.00 hingga 22.00 WIB mulai Kamis (12/11). Manajemen rekayasa lalu lintas di sirip-sirip seperti Jalan Dagen, Jalan Sosrowijayan, Jalan Perwakilan, Jalan Pajeksan dan Jalan Suryatmajan tetap seperti awal sebelum Malioboro di tutup bagi kendaraan bermotor. Sementara itu, penerapan lalu lintas satu arah atau Giratory tetap diberlakukan seperti saat uji coba dengan adanya perbaikan simpang, sinyal dan infrastruktur.

“Dari hasil evaluasi yang rutin dilakukan setiap hari dan mempertimbangkan masukan semua pihak maka ada penyesuaian pemberlakuan pedestrianisasi di Jalan Malioboro. Jalan Malioboro tidak dapat dilalui kendaraan bermotor dari pukul 17.00 hingga 22.00 WIB dengan terus dilakukan evaluasi untuk penerapan secara menyeluruh mulai hari ini,” ujar Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti di Komplek Kepatihan, Rabu (11/11).

Made menyampaikan selain perubahan pemberlakukan pedestrian di Jalan Malioboro, lalu lintas di area sirip-sirip di kawasan Malioboro seperti Dagen, Sosrowijayan, perwakilan, Pajeksan, Suryatmajan tetap seperti awal sebelum Jalan Malioboro di tutup. Uji coba yang dijadwalkan dilaksanakan selama dua pekan ini memang untuk melihat kendala dan permasalahan setiap hari yang berbeda jika rekasaya manajemen lalu lintas tersebut diterapkan. Disamping itu, pelaksanaan uji coba yang lama ini diharapkan masyarakat bisa beradaptasi, meskipun dua minggu itu juga dinilai belum cukup.

“Ingat menata suatu kawasan tidak hanya tergantung pada sisi transportasinya semata, tetapi berbagai macam sisi lainnya. Yang menjadi kendala utama dalah loading barang baik bagi pedagang kaki lima (PKL) maupun toko-toko sehingga menjadi pertimbangan dalam pemberlakukan pedestrianisasi di Jalan Malioboro. Dari sisi pedestriannya sendiri menyangkut dampak ekonominya yang tidak bisa dinilai dalam satu atau dua hari pelaksanaan uji coba,” tandasnya.

BERITA REKOMENDASI