Catat! Penumpang KA Jarak Jauh Wajib Rapid Test Antigen Mulai Hari Ini

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero Daop 6 mewajibkan pengguna Kereta Api (KA) jarak jauh di Pulau Jawa menunjukkan hasil Rapid Test Antigen yang negatif sebagai syarat wajib berlaku mulai Selasa (22/12).

Aturan tersebut sesuai dengan Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 No 3 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi Covid-19 dan Surat Edaran Kemenhub No 23 Tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian Selama Masa Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi Covid-19.

“Penumpang wajib menunjukkan hasil rapid test antigen 3×24 jam dengan posisi non reaktif. (Atau) Swab/ PCR masih yang berlaku dengan masa 14 hari negatif,” jelas Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto, Senin (21/12).

Guna memfasilitasi penumpang, KAI bersinergi dengan Rajawali Nusantara Indonesia Grup menyediakan layanan rapid tes antigen dengan biaya Rp 105 ribu. Agar proses pengecekan sample tidak menimbulkan kerumunan, disediakan lima bilik pengecekan yang beroperasi mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 20.30 WIB setiap harinya.

“Antrean sudah diantisipasi. Hari ini kita sudah siapkan bilik karena proses pengambilannya beda kan. Kita siapkan tambahan personil dan minta bantuan dari provider untuk tambah personel termasuk bilik pengambilan sampling. Biasa kan 2 (biliknya), minta jadi 5 agar mengurangi kerumunan,” imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI