Catat! Vaksinasi Belum Jadi Syarat Pelaku Perjalanan

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA, KRJOGJA.com – Vaksinasi Covid-19 belum menjadi syarat pelaku perjalanan di Indonesia. Sementara aturan tes Covid-19 tetap berlaku. Hal itu sesuai rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang masih mewajibkan tes Covid-19 seperti antigen dan polymerase chain reaction (PCR) untuk syarat perjalanan.

“Sampai saat ini vaksinasi belum menjadi kebijakan untuk pelaku perjalanan. Bahkan WHO belum mensyaratkan vaksin sebagai salah satu syarat bagi pelaku perjalanan,” kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi dalam jumpa pers virtual di Jakarta, Senin (15/2).

Siti Nadia menyampaikan, hingga saat ini belum terbentuk kekebalan kelompok atau herd immunity, sehingga seorang yang sudah divaksin masih berpotensi tertular. “Seseorang yang sudah divaksinasi masih memungkinkan untuk dirinya tertular. Karena proteksi itu untuk dirinya sendiri, sementara ini kita kan masih belum mencakup 70 persen, kekebalan kelompok belum terjadi,” jelasnya.

Selain itu, kepada seluruh petugas kesehatan diimbau untuk segera mendatangi Fasilitas Pelayanan Kesehatan sesuai dengan kondisi yang ditentukan, sehingga bisa segera mendapatkan vaksinasi. (Ati)

BERITA REKOMENDASI