Cegah Kulit Keriput dengan Daun Kimpul

Editor: Ivan Aditya

KIMPUL atau juga disebut talas merupakan tanaman yang tumbuh liar, bisa di pematang sawah, kebun atau pekarangan. Namun juga bisa dibudidayakan oleh petani, karena umbinya bisa dimakan pengganti nasi. Daun kimpul bagi masyarakat pedesaan tidak asing lagi, karena bisa dimasak sayur sebagai tumis atau buntil. Sedangkan umbinya, selain direbus, dikukus bisa juga sebagai bahan keripik untuk camilan minum teh atau kopi. Ternyata daun kimpul atau talas bermanfaat juga untuk kesehatan tubuh, di antaranya mengurangi kolesterol, melancarkan pencernaan dan mencegah kulit keriput.

Dalam Serat Jampi Jawi tinggalan leluhur yang berisi kurang lebih 291 resep jamu tradisinal, yang kebanyakan memanfaatkan tumbuhan, batang, daun, umbi serta akar tanaman di sekitar kehidupan masyarakat. Salah satunya adalah tanaman kimpul, yang sangat mudah didapatkan di lingkungan kita. “Dhahar sayuran godhong kimpul bisa nyehatake badan, njaga kesehatan kulit lan nyegah kriput,”. Dengan mengonsumsi masakan daun kimpul bisa menyehatkan tubuh, njaga kulit amrih ora gampang keriput.

Daun kimpul atau talas mengandung vitamin A da E yang cukup, sehingga bisa melindungi kulit. Karena fungsinya membersihkan kulit, dampaknya mampu mencegah keriput pada kulit membuat sehat dan tambah berkilau nampak muda. Untuk itu dengan memasukkan sayuran daun kimpul, akan membantu meremajakan kulit serta mencegah keriput. Karena sifatnya yang mudah dicerna, kandungan serat makanan untuk kesehatan pencernaan. Dengan demikian akan menormalkan, dan membantu pencegahan gangguan pencernaan seperti iritasi usus.

Di samping itu, dengan mengonsumsi sayuran daun kimpul, mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi dan membuat badan tetap sehat. Serat di dalam daun kimpul dapat mencegah penumpukan kolesterol dalam aliran darah, sementara kandungan kalium sangat penting menjaga tekanan darah dan membuat terkendali sehingga mampu mencegah stroke serta gangguan jantung.

Mineral tinggi

Sayur daun kimpul atau talas banyak mengandung kalium yang merupakan mineral paling penting kesehatan tubuh, agar semuanya berfungsi dengan baik. Bisa menyerap karbohidrat, mengontor akitivitas jantung, membangun otot serta mampu menjaga keseimbangan asam basa. Dengan mengonsumsi sayuran daun kimpul, berarti memberikan jumlah mineral yang cukup bagi tubuh.

Gangguan mata sering dialami, dengan banyak mengonsumsi sayuran daun kimpul akan mendapatkan vitamin A, memiliki kadar tinggi mampu membuat penglihatan normal sekaligus menjaga kesehatan mata antara lain gangguan katarak dan sebagainya. Ketika sedang melakukan diet, menurunkan berat badan asupan yang cocog dan bergizi tinggi adalah sayuran daun kimpul. Hal ini karena rendah kalori atau lemak jenuh, membuat makanan ideal dalam menurunkan berat badan.

Di samping itu daun kimpul atau talas, berperan dalam pengembangan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C, akan merangsang pembentukan lebih banyak sel darah yang membela tubuh dari patogen yang tidak diketahui. Dampaknya, tubuh akan selalu sehat, tidak mudah mendapat serangan penyakit. Bagi ibu hamil, dengan banyak mengonsumsi asupan, sayuran daun kimpul atau talas akan membantu kesehatan. Karena kandungan folat dan dibutuhkan bagi ibu hamil, untuk menjaga perkembangan janin normal. Asupan daun kimpul, ternyata juga mampu mengobati penyakit menahun.

Dalam mengolah menjadi masakan, daun kimpul atau talas mengandung kalsium oksalat yang membuat gatal di tenggorokan. Untuk mengolahnya terlebih dulu harus direndam dalam air satu malam, sehingga nantinya aman untuk dikonsumsi.

Itulah beberapa manfaat daun kimpul atau talas untuk kesehatan, para leluhur masih berkeyakinan tamba teka lara lunga dengan resep jamu tradisional dengan tanaman obat keluarga (toga) yang di sekitar pekarangan rumah atau kebun serta mudah mendapatkannya. (Sutopo Sgh)

BERITA REKOMENDASI