Cerita Iwan Wijono Berbagi Bibit Gratis, Sempat Kaget Didatangi Danramil

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRJOGJA.com – Iwan Wijono, penggagas Public Farm Yogyakarta memulai gerakan berbagi bibit tanaman pangan gratis di tengah pandemi Covid-19. Pria yang juga seniman kontemporer ini punya cerita menarik ketika melakukan aksi sosial berbagi di masa pandemi ini.

Kepada KRjogja.com, Iwan menceritakan mengaku sempat sangat kaget ketika tiba-tiba workshopnya di Bangunjiwo Kasihan Bantul didatangi beberapa pria berpakaian tentara beberapa waktu lalu. Para tentara tersebut ternyata dari Koramil 03 Kasihan dipimpin Danramil Mayor Czi Agus Sriyanta didampingi Babinsa Desa Bangunjiwo Serka Suparno.

Iwan yang punya latarbelakang aktivis ketika masih kuliah sontak terkaget. Ia sempat bertanya, ada masalah apa hingga akhirnya worskshopnya didatangi tentara.

“Ternyata tujuan kedatangan Pak Danramil untuk mempelajari cara pembibitan Cabai, Kacang Panjang, Terong dan beberapa tanaman pangan lain untuk disebarkan ke masyarakat petani agar mempermudah petani. Mereka banyak berdiskusi tentang bibit-bibit yang dibagikan,” ungkap Iwan ketika bercerita Jumat (5/6/2020).

Tak berhenti di situ, Koramil 03 Kasihan ternyata begitu tertarik dan menaruh apresiasi pada gerakan Iwan melalui Public Farm Yogyakarta. Bahkan, Iwan mendapat tawaran melakukan pembibitan di markas militer yang kemudian berusaha direalisasikan bersama.

“Ada rencana mengundang pejabat-pejabat desa setempat untuk merencanakan bersama dalam pemanfaatan tanah kosong kas desa. Ke depan, ada harapan bangsa agraris ini semoga makin berbudaya bertani, menghormati alam, tidak membuang sampah sembarangan. Apabila kebutuhan pokok tercukupi bahkan surplus, penting untuk membangun karakter bangsa yang kuat, identitas Nusantara yang ngawulo gusti, bertapa grame untuk membebaskan kaum-kaum menderita, dan siap mencapai spiritual tertinggi. Bukan untuk ke surga penuh nafsu duniawi tetap ke nirwana untuk harmoni dengan inti spiritual suci bagian semesta yang menerangi dunia,” sambung Iwan.

BERITA REKOMENDASI