Cerita Siti Fauziah Sulitnya Perankan ‘Bu Tejo’ dalam Film Tilik

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Nama Siti Fauziah Saekhoni (Ozie), beberapa hari terakhir ramai dibicarakan di linimasa sosial media. Bahkan, muncul banyak meme Ozie yang begitu ciamik memerankan tokoh Bu Tejo dalam film pendek berjudul Tilik.

Namun siapa sangka di balik peran yang mendapat tempat di hati penonton, Ozie harus melalui pengalaman cukup sulit dalam mendalami karakter Bu Tejo. Betapa tidak, peran Bu Tejo baru diterima Ozie beberapa hari menjelang syuting setelah adanya sutradara.

“Aku memang ikut dalam film Tilik ini, tapi sebelumnya bukan jadi tokoh utama. Sebenarnya ternyata sudah cukup sepuh, medannya lumayan berat hitungannya karena truknya tinggi jadi agak ngoyo dan sutradara kepikiran switch (ganti) detik-detik mau take. Dikasih waktu dulu karena kan lumayan panjang, intens dan medannya dari Dlingo sampai Bantul. Itu tahun 2018 dan terus sempat beberapa kali ketemu, reading, latihan dan take. Semua itu 2 mingguan seingatku karena ini film pendek,” ungkap Ozie.

Menjadi Bu Tejo ternyata memang membutuhkan effort besar dari Ozie. Terlebih karena ia harus menyampaikan dialog yang terhitung intens dan panjang di seluruh alur film.

“Naskahnya cukup panjang dan itu tantangan terbesar karena switch di waktu dekat take dan adegannya berjalan. Kalau tokoh itu kebetulan aku berangkat dari panggung, yang namanya bedah naskah paling penting agar jelas dulu naskah termasuk PR keaktoran. Kubangun dulu latar Bu Tejo, situasi sosial yang dia bisa berkarakter julid padahal sebenarnya tidak, dia punya data yang dia dapat dari internet. Hal-hal itu yang kubangun di Bu Tejo itu. Aku berusaha membayangkan si tokoh ini, jadi outputnya ternyata ‘ngganyik’ banget itu,” imbuhnya tersenyum.

BERITA REKOMENDASI