Cicipi Nasi Kuning dan Rawon, Putri Mahkota Denmark Kunjungi Kraton Yogyakarta

YOGYA, KRJOGJA.com – Putri Mahkota Kerajaan Denmark Mary RE mengunjungi Kraton Yogyakarta Rabu (4/12/2019) dan sempat bersantap siang dengan Raja Kraton Sri Sultan HB X. Mary terkesan Kraton setelah mendapat cerita mertuanya beberapa waktu lalu yang juga berkunjung ke Yogyakarta. 

Di Yogyakarta, Mary mengunjungi beberapa lokasi seperti Puskesmas Tegalrejo Yogyakarta. Sayangnya, kunjungan di puskesmas yang bersifat pribadi tersebut tertutup untuk media. 

Petugas Fungsi Ekonomi dan Perdagangan KBRI Kopenhagen Martin Suryo Madiantoro memberikan keterangan pada media terkait kunjungan tersebut. Menurut dia, Mary mendapatkan cerita mertuanya, Margrethe II of Denmark yang pada 2015 lalu datang ke Yogyakarta. 

“Kunjungan ke Keraton Ngayogyakarta bersifat kunjungan pribadi karena Putri tertarik dengan cerita mertuanya, Margrethe II of Denmark, saat berkunjung ke DIY pada 2015 lalu. Dia mendapatkan cerita yang menilai DIY yang ditengah kemajuan daerahnya namun masyarakatnya tetap menjaga keramahtamahan dan budaya. Dari cerita itulah Putri Mary tertarik berkunjung ke DIY terutama Kraton Ngayogyakarta,” ungkapnya pada wartawan. 

Di Kraton, Putri Mary sempat menyantap makan siang bersama Sultan, GKR Hemas serta putri-putri dan menantu-menantunya. Mary sempat pula mendapat cinderamata berupa replika Candi Prambanan yang diberikan langsung Sultan. 

Putri Mary ke Indonesia secara resmi menjalankan misi kemanusiasi dari kerajaan Denmark yang merupakan donator kedua terbesar bagi United Nations Fund for Population Activities (UNFPA). Sebagai patron UNFPA, Putri Mary sengaja di datang ke Indonesia untuk langsung melihat dan berdialog langsung mengenai proyek-proyek yang dianai Denmark.

GKR Mangkubumi yang menyampaikan statement mewakili Kraton mengungkap Putri Mary sempat menyinggung kunjungan ibu mertuanya empat tahun silam ke Yogyakarta. Hal tersebut membawa kesan tersendiri sehingga Mary berniat mampir langsung ke Yogyakarta pada kunjungan ke Indonesia. 

“Tadi kita lebih banyak bicara tentang bagaimana memberikan pelayanan kesehatan kepada generasi muda khususnya tentang perkembangan Unala (jaringan waralaba sosial tentang kesehatan reproduksi perempuan khususnya remaja) yang dulu pernah dilaksanakan di DIY dan saya sebagai penanggungjawabnya,” ungkap Mangkubumi. 

Putri sulung Sultan tersebut juga menceritakan hidangan yang disantap Putri Mary di Kraton. “Tadi ya hidangan cuma nasi kuning, rawon dan es krim kelapa,” pungkasnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI