Cuaca di Jogja Cenderung Panas, Ternyata Ini Sebabnya

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Cuaca di wilayah Yogyakarta pada awal pekan hingga 3 hari kedepan cenderung cerah dan tidak terjadi hujan. Ha ini berbeda dengan sejumlah daerah lain seperti di Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur yang berpotensi hujan lebat, Selasa (21/1).

Pihak Stasiun Klimatogi BMKG Mlati Yogyakarta melalui akun Instagamnya @staklim_yogya menyebutkan keadaan itu terjadi karena pola angin di Jawa yang berairan atau benyebar (divergen). "Cuaca Panas di Yogyakarta bukan pertanda musim kemarau datang lebih cepat," jelas akun BMKG DIY.

Dijelaskan bahwa pola angin ini mengakibatkan potensi pembentukan awan di Yogyakarta sangat kecil dan tanpa adanya awan, radiasi yang diterima Yogyakarta menjadi lebih besar dan suhu udara terasa lebih panas.

Selain itu, dari data yang ada, terdapat daerah tekanan tinggi (high pressure). Ini yang menyebabkan angin divergen bertiup di sekitar DIY sehingga cuaca cenderung cerah," ujarnya.

Sementara bagi yang tinggal di daerah pinggir pantai, agar supaya tetap waspada. Termasuk jika muncul gelombang tinggi. (Jon)

BERITA REKOMENDASI