Cuaca di Jogja Tidak Menentu, Ini yang Terjadi Menurut BMKG

Editor: Agus Sigit

 YOGYA, KRJOGJA.com – Beberapa hari terakhir, cuaca di beberapa wilayah DIY kerap mengalami perubahan cepat, dari panas tiba-tiba berubah mendung tebal dan hujan lebat disertai angin kencang saat menjelang sore hari. Situasi ini bahkan menimbulkan dampak rumah roboh dan angin puting beliung di Kota Yogyakarta pada Kamis (5/5/2022) lalu.

Romadi, Prakirawan BMKG Yogyakarta mengatakan situasi yang terjadi di beberapa DIY karena sirkulasi siklonik di Samudera Hindia sebelah Barat Sumatera dan di perairan barat Kalimantan menyebabkan adanya pola perlambatan kecepatan angin di sebagian besar wilayah Jawa Timur hingga Jawa Tengah termasuk wilayah DIY. Hal ini menurut Romadi diperkuat dengan pantauan suhu muka laut yang hangat serta nilai kelembaban udara lapisan atas yang tinggi menyebabkan potensi peningkatan suplai uap air yang cukup untuk pertumbuhan awan Cumulonimbus.

“Dengan kondisi tersebut serta ditunjang labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif di wilayah sekitar perbukitan dan pegunungan serta dengan pemanasan sinar matahari dari pagi hingga siang hari yang intensif, akan terbentuk awan-awan konvektif Cumulonimbus (CB) yang menjulang tinggi. Keadaan ini menimbulkan hujan lebat, kilat/petir dan disertai hembusan angin kencang yang terjadi di wilayah Yogya,” ungkapnya pada KRjogja.com, Sabtu (7/5/2022).

Sementara, Warjono, S.Si, M.Kom, Kepala Stasiun Meteorologi Yogyakarta internasional Airport menambahkan kelembaban yang relatif tinggi pada lapisan 850 – 700 mb, berkisar antara 60 – 90 persen sehingga mendukung terbentuknya awan cumulonimbus di wilayah DIY. “Analisa Citra satelit himawari dan Radar Cuaca menunjukkan adanya pertumbuhan awan konvektif (cumulonimbus) mulai pukul 14.00 WIB – 16.30 WIB dengan suhu puncak awan hingga  (-48) – (-75) °C di wilayah Yogyakarta,” tandasnya.

BKMG menurut Romadi memprediksi situasi sirkulasi siklonik terjadi hingga Sabtu (7/5/2022) hari ini dan cuaca akan membaik pada Minggu (8/5/2022). Menurut dia, kalaupun terjadi hujan, intensitas akan turun menjadi sedang dan ringan.

“Kami prediksi sudah selesai hari ini dan besok membaik. Kalaupun terjadi hujan hanya sedang dan ringan saja,” pungkasnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI