Cuti Bersama Ditambah, Calon Penumpang KA Banyak ‘Kembalikan’ Tiket

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Penetapan cuti bersama di masa libur Lebaran 2018 telah resmi diteken Presiden Joko Widodo dalam Keputusan Presiden nomor 13 tahun 2018. Pegawai Negeri Sipil (PNS) pun bisa menikmati waktu lebih banyak karena diberikan libur hingga Rabu 20 Juni 2018. 

Keputusan tersebut ternyata berdampak pada pemesanan tiket Kereta Api (KA) salah satunya yang tercatat di Daerah Operasional (Daop) 6 Yogyakarta. Ratusan calon penumpang yang sebelumnya telah memesan dan membayar tiket akhirnya merefund (mengembalikan) kembali tiket yang sudah dipesan lantaran memiliki libur tambahan. 

Eko Budiyanto, Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta membenarkan pihaknya menerima lebih dari ratusan pembatalan perjalanan karena efek penambahan libur cuti bersama. Meski demikian, menurut Eko hal tersebut tak mempengaruhi penjualan secara keseluruhan karena sistem tiketing langsung menjual kembali seat yang dikembalikan secara online. 

“Tahun ini memang lebih banyak yang merefund tiket karena pengaruh penambahan cuti bersama, kalau jumlahnya hingga ratusan. Ada calon penumpang yang meminta pengembalian uang ada juga yang mengubah tanggal keberangkatan,” ungkapnya pada KRjogja.com Rabu (6/6/2018). 

Terkait pembatalan tiket sendiri KAI memberikan kebijakan pengembalian 75 persen meski harus menanti waktu 35 hari setelah dilakukan pembatalan. “Kebijakan KAI refund dana dengan waktu 35 hari, kami berharap calon penumpang memaklumi kebijakan tersebut,” sambungnya lagi. 

Daop 6 sendiri menghitung sisa tiket perjalanan KA jarak jauh dari Yogyakarta menuju Jakarta-Bandung tak lebih dari 15 persen untuk tanggal 17-24 Juni 2018. KAI juga mulai mengoperasikan 7 KA tambahan dengan jumlah seat hingga 7.772 per hari. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI