Daging di Yogya Dipastikan Aman Konsumsi

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Walikota dan wakil walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti – Heroe Poerwadi melakukan sidak di zona daging Pasar Beringharjo, Jumat (23/6/2017) dinihari tadi. Duet pimpinan tersebut secara langsung memeriksa sediaan daging baik ayam maupun sapi di pasar terbesar Kota Yogyakarta ini.

"Nihil, tidak ditemukan daging glonggongan maupun yang campuran. Semua layak konsumsi dan semua layak edar," ungkap Haryadi.

Pernyataan aman dari Haryadi tersebut tampaknya tak didasarkan pada perkiraan saja mengingat pengecekan dilakukan bersama Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta. Uji kualitas yang dilakukan meliputi kadar air, keasaman (pH), kesehatan hati sapi, kandungan bahan pengawet terlarang, daging yang terlarang dan beberapa aspek lainnya.

"Kami sudah lakukan pengujian di semua elemen itu jadi untuk semi glonggongan juga bis terdeteksi. Langsung dicek oleh Kepala Seksi Pengawasan Kehewanan dan Perikanan Dinas Pertanian dan Pangan Supriyanto," imbuh Haryadi.

Heroe Poerwadi menambahkan pihaknya terus memastikan sediaan daging dalam keadaan Asuh atau aman, sehat, utuh dan halal. "Sidak yang dilakukan ini untuk memastikan tidak ada ayam tirem atau daging celeng yang ikut dijual pedagang. Komiten melaksanakan Asuh itu juga akan diterapkan di semua pasar tradisional di Kota Yogyakarta," terangnya.

Pasokan daging di pasar Kota Yogyakarta sendiri mengalami peningkatan hingga 100 persen jelang Lebaran ini. Diketahui pula ada peningkatan harga di kisaran Rp 110-120 ribu per kilogram. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI