Dampak Corona, Sektor Pariwisata DIY Rugi Hingga Rp 71 M

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pelaku industri pariwisata di DIY menderita kerugian sekitar Rp 71 miliar dengan data yang terus berjalan akibat dampak kasus Covid-19 di DIY per 31 Maret 2020. Selain kerugian materiil, 14 usaha jasa pariwisata di DIY yang terdampak virus Korona terpaksa merumahkan sementara sekitar 21.000 tenaga kerja dari data yang terus berjalan sampai saat ini.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) DIY Singgih Raharja mengatakan, jumlah kunjungan wisatawan baik wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman) di DIY menurun drastis. Bahkan tidak ada sama sekali sejak Maret 2020 hingga saat ini. Hampir seluruh destinasi wisata di DIY sudah tutup baik secara mandiri maupun permintaan dari Pemkab/Pemkot setempat.

”Jumlah kerugian yang terdata di sektor pariwisata sudah mencapai lebih dari Rp 71 miliar perakhir Maret 2020. Data itu terus bergerak, belum lagi dengan kondisi ini banyak pelaku pariwisata di DIY terpaksa merumahkan pegawainya karena sudah tidak ada pemasukan sama sekali,” ungkap Singgih.

BERITA REKOMENDASI