Dana Tak Terduga Rp 14,8 M di DIY Boleh Digunakan Tangani Corona

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Komisi A DPRD DIY membuka keran pos belanja tak terduga APBD DIY 2020 untuk penanganan Corona Covid-19. Dana sebesar Rp 14,8 miliar pun bisa dialokasikan untuk memaksimalkan penanganan Corona di wilayah DIY.

Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto mengungkap di APBD 2020 ada Rp 14,8 miliar dana tak terduga yang bisa dioptimalkan. Menurutnya dana tersebut diminta fokus mengampu penyelamatan dan keselamatan masyarakat terkait Corona.

“Jika masih kurang maka komisi A akan diskusi kembali untuk lakukan redesain APBD 2020. Prinsipnya ada pintu sesuai ketentuan Permendagri 20 tahun 2020 tentang percepatan penanganan Corona di lingkungan pemerintah daerah yakni pasal 3 yakni belanja tak terduga. Itu bisa digunakan untuk membiayai operasi gugus percepatan penanganan corona,” ungkapnya, Rabu (18/03/2020).

Komisi A menurut Eko juga mengajak kabupaten/kota untuk melakukan hal sama, bersinergi menghadapi pandemi Virus Corona. Demikian juga dengan forum CSR perusahaan di DIY yang diminta aktif dalam bergotong-royong terkait pendanaan operasi tersebut.

“Komisi A rekomendasikan pemda lakukan konsolidasi dalam operasi ini termasuk pemanfaatan dana tak terduga di lima kabupaten kota, ada penyelarasan operasi ini. Kita rekomen juga forum CSR DIY untuk berpartisipasi dalam operasi ini. Kamo yakin gotong royong ini luar biasa tinggal pemkab mengkoordinasi,” tandas Eko.

Di sisi lain, dewan juga berharap Pemda memikirkan penanganan nantinya yang melibatkan sisi ekonomi. Apalagi saat ini dilaporkan banyak pihak sudah mengalami kerugian terutama di bidang transportasi, hospitality serta pariwisata.

“Ada dinas-dinas terkait di situ dan kami berharap langkah mereka memikirkan pula apa yang harus dilakukan untuk dampak nantinya. Kami juga minta pemda menjaga stabilitas harga dan ketersediaan pangan. Kita harapkan melihat situasi lapangan tidak boleh ada pihak mengambil keuntungan ekonomi secara sepihak,” tandas Eko. (Fxh)

BERITA TERKAIT