Danakirti Nuswantara, Ruang Apresiasi dan Promosi Mahasiswa PKK UST

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Setelah melalui pembelajaran selama satu semester, akhirnya 78 mahasiswa yang mengambil mata kuliah Karya Cipta prodi PKK UST tiba pada puncaknya. Jumat (20/12/2019) kemarin. Sebanyak 78 mahasiswa yang terdiri dari 52 mahasiswa Tata Busana dan 26 mahasiswa Tata Boga menampilkan karya-karya terbaik mereka. Mereka menampilkan 52 busana pesta gala dan 26 hidangan nusantara dalam pagelaran bertajuk Danakirti Nuswantara.

“Sebenarnya ada pembudayaan luhur yang ingin kami masukkan disini. Jadi di mata kuliah ini mahasiswa harus berinovasi mengangkat bahan kearifan lokal, baik itu makanan maupun kain nusantara menjadi satu produk yang inovasinya tinggi. Nah pada saat membuat produk, mahasiswa bereksperimen sampai menghasilkan suatu karya yang kemudian dinilai sekaligus dipromosikan supaya dilihat khalayak ramai,” kata dosen pengampu mata kuliah Karya Cipta, Enggar Kartikasari, SPd MPd.

Dari pagelaran ini, Enggar yakin mahasiswanya bisa mempromosikan karyanya secara mandiri. Hal ini dikarenakan rata-rata mahasiswanya telah bekerja sembari kuliah.

Oleh karena itulah, Enggar percaya mereka telah memiliki segmen tersendiri untuk mempromosikan karyanya. Hal ini juga dibenarkan oleh Anissa, mahasiswa Tata Boga prodi PKK.

“Harapan saya ya seperti harapan prodi juga, semoga apa yang kami hasilkan dari mata kuliah ini bisa bermanfaat baik bagi prodi dan bagi kami. Lewat acara ini juga bisa jadi ajang promosi bahwa di UST ini ada jurusan PKK yang bisa menghasilkan karya-karya yang baik," jelasnya.

Ketua dari mahasiswa Tata Boga, Anissa Noer Syafira menjelaskan sejak awal pertemuan mata kuliah ini, mereka telah diminta untuk merencanakan produk yang akan ditampilkan. Ia mencontohkan dari Tata Boga mereka melakukan proses uji coba beberapa kali terhadap hidangan yang akan disajikan, baik dari segi rasa maupun penampilan dilihat dari sisi mahasiswa maupun dosen.

Pagelaran ini diawali dengan pameran hidangan nusantara dari mahasiswa Tata Boga. Para tamu undangan yang hadir bisa berkeliling untuk melihat sekaligus mencicipi tester yang disediakan.

Selain tester, mahasiswa Tata Boga juga menyediakan dry product yang dijual. Selanjutnya ditampilkan peragaan busana dari mahasiswa Tata Busana. (Felicia Echie)

UST

BERITA REKOMENDASI