Daop 6 Yogya Tambah Layanan GeNose di Tiga Stasiun

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemeriksaan GeNose C19 kini menjadi salah satu prasyarat mutlak yang dianjurkan pemerintah untuk aktivitas ke luar daerah. PT KAI Daop 6 Yogya bahkan menambah tiga layanan pemeriksaan GeNose C19 yang mulai dijalankan Selasa (30/03/2021) hari ini.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogya Supriyanto, menjelaskan sebelumnya sudah ada tiga stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 yakni Stasiun Yogyakarta, Solo Balapan dan Lempuyangan. “KAI Pusat memutuskan untuk menambah layanan. Totalnya secara nasional ada 21 stasiun, dan tiga di antaranya di wilayah Daop 6 Yogya,” ujarnya.

Tiga stasiun yang mulai melayani pemeriksaan GeNose C19 ialah Stasiun Wates, Klaten dan Purwosari. Dengan begitu kini ada enam stasiun di wilayah Daop 6 Yogya yang tersedia layanan tersebut.

Penambahan tersebut merupakan bagian dari program Sinergi BUMN antara KAI dan Indofarma melalui anak usahanya Farmalab. Supriyanto menambahkan, dengan adanya penambahan ini maka jumlah stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 secara total menjadi 44 stasiun dari sebelumnya 23 stasiun.

“Penambahan secara bertahap dari dua stasiun pada awal Februari hingga 44 stasiun pada akhir Maret ini merupakan komitmen KAI dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan untuk memenuhi syarat bepergian dengan kereta api pada masa pandemi Covid-19,” imbuhnya.

Menurutnya, kereta api menjadi moda yang paling awal menerapkan pemeriksaan GeNose C19. Hingga 28 Maret 2021, KAI telah melayani 345.668 peserta pemeriksaan GeNose C19 di seluruh stasiun. Antusiasme masyarakat tersebut dikarenakan akan produk buatan Indonesia ini memilki proses yang mudah, cepat, nyaman, dan harganya terjangkau yakni Rp 30.000.

Sementara untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA jarak jauh yang sudah lunas. Selain itu tidak boleh merokok, makan, minum kecuali air putih selama 30 menit sebelum melaksanakan tes.

Supriyanto menambahkan, khusus bagi pelanggan yang hendak berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen, dapat memesan layanan pemeriksaan GeNose C19 melalui aplikasi KAI Access. Caranya, pada saat melakukan pembelian tiket kereta api jarak jauh, pelanggan dapat menambahkan layanan pemeriksaan GeNose C19 langsung pada aplikasi KAI Access. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI