Daop 6 Yogyakarta Operasikan Tiga Kereta Baru

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Direktur Utama (Dirut) PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro meninjau kesiapan Daerah Operasional (Daop) 6 Yogyakarta dalam menyambut angkutan Lebaran 2018 di Stasiun Tugu Yogyakarta, Selasa (10/04/2018) malam. Selain mengecek prasarana di stasiun terbesar DIY ini, Edi juga menyempatkan menyapa penumpang di salah satu rangkaian KA terbaru yakni Taksaka Malam jurusan Yogyakarta-Gambir.

Sekilas rangkaian kereta terbaru buatan PT Inka Madiun terlihat lebih minimalis dari luar. Warna silver krom yang sengaja ditampilkan membawa kesan kuat pada body rangkaian kereta. Sementara di bagian dalam atau interior, penumpang terlihat semakin nyaman dengan kursi yang bisa diatur ketegakannya.

Pijakan kaki tetap menjadi prioritas untuk kenyamanan para penumpang, sementara toilet yang dipasang pun terlihat lebih bersih dengan lampu yang juga semakin terang. Ruangan di dalam gerbong tampak lebih terang dengan LCD televisi yang semakin bertambah banyak.

Edi Sukmoro sendiri sempat mengungkap untuk tahun 2018 paling tidak ada 10 rangkaian kereta baru yang dioperasikan. Jumlah tersebut dibagi untuk dua jalur yakni utara dan selatan di Pulau Jawa.

“Saat ini yang sudah datang dan dioperasikan ada 6 rangkaian kereta sementara 4 nantinya menyusul masih dalam pengerjaan. Kami bagi pengoperasiannya untuk jalur utara dan selatan,” ungkapnya disela peninjauan.

Sementara Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto mengatakan ada tiga rangkaian kereta baru yang telah dioperasikan di Daop 6 yakni Taksaka Pagi, Taksaka Malam dan KA Ekonomi Mataram Premium. “Tiga rangkaian KA baru ini sudah dioperasikan sejak beberapa waktu terakhir, sementara masih ke arah barat yakni Taksaka Pagi – Malam tujuan Yogyakarta – Gambir dan Mataram Premium tujuan Lempuyangan – Pasar Senen,” ungkapnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI