Data Pasien Positif Corona Pusat dan DIY ‘Geseh’, Kok Bisa?

“Kami sampaikan data pasien positif sampai hari ini 19 orang dengan rincian 1 sembuh dan 3 meninggal dunia. Terkait data dari pusat yang menyampaikan 22, saya tidak tahu apakah sampel atasnama beberapa Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang sudah kita telusuri itu di semua rumah sakit di DIY tidak ada, itu mungkin di pusat belum ada pemiliknya sehingga masih dimasukkan di DIY,” ungkap Berty melalui pesan aplikasi.

Hal senanda disampaikan Kepala Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta Irene yang menyatakan pihaknya sudah berupaya melakukan klarifikasi ke tim gugus pemerintah pusat terkait hal tersebut. Pihaknya sudah mencocokkan di semua rumah sakit maupun sample PDP yang masuk ke BBTKLPP.

“Kami juga sudah membantu menyampaikan untuk klarifikasi hasil untuk beberapa PDP yang sudah kami telusuri di semua RS di DIY dan semua sample yang masuk ke BBTKL PP Yogyakarta. Kami juga sudah sampaikan ke pusat tapi belum ada pemiliknya. Semoga pemiliknya segera ketemu,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Pelaksana BPBD DIY Biwara Yuswantana juga menyebut data yang dikeluarkan gugus penanganan Covid-19 DIY sudah dikroscek secara menyeluruh. Pihaknya meyakini bawasanya data tersebut valid meski berbeda dari yang disampaikan pemerintah pusat. Data pemerintah pusat sendiri per Minggu (29/3/2020) menyebutkan 22 pasien positif Corona Covid-19.

Sementara terkait data PDP per hari ini dari gugus penanganan Covid-19 DIY total sudah 175 orang menjalani tes swab. Rinciannya 40 orang dinyatakan negatif, 19 positif (1 sembuh dan 3 meninggal) sementara 116 orang masih dalam proses antre uji lab (4 orang meninggal). (Fxh)

BERITA REKOMENDASI