Datang ke Rumah, Dukung Idham Menjadi Anggota DPR RI Kembali

YOGYA, KRJOGJA.com – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Peduli Yogyakarta (AMPY) mendatangi kediaman Anggota DPR RI Drs HM Idham Samawi di Jalan Menur 11A Baciro Yogyakarta, Minggu (23/12/2018). Kedatangan para mahasiswa tersebut bukan untuk mendemo, tapi mendeklarasikan dukungannya terhadap Idham Samawi untuk kembali menjadi wakil rakyat di DPR RI, periode mendatang.

Koordinator AMPY, Rian Fandi mengatakan, ada beberapa hal (keresahan) yang melatarbelakangi mahasiswa, sehingga perlu mendatangi kediaman Idham Samawi, untuk menyampaikan aspirasi. Antara lain permasalahan tata kota yang perlu dibenahi dan masih adanya kesenjangan ekonomi, sosial dan infrastruktur di pelosok DIY. Belum lagi perlunya penguatan nilai-nilai Pancasila dan kebangsaan di tengah-tengah masyarakat. "Itulah beberapa alasan kuat yang mendorong kami untuk hadir disini," terang Rian disela aksi.

AMPY meyakini Idham Samawi yang merupakan salah satu putra terbaik Yogya adalah orang yang tepat untuk dititipi aspirasi ini. Saat menjadi Bupati Bantul dua periode (1999-2010), Idham Samawi mampu menjadikan Bantul sebagai kabupaten yang maju dan sanggup swasembada beras. Kemudian sebagai Anggota DPR RI, Idham Samawi banyak merealisasikan program-program yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh rakyat. Seperti Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), pembangunan Jembatan Gantung di Bantul dan masih banyak lagi.

Dalam hal penguatan ideologi, kata Rian, Idham Samawi adalah salah satu tokoh yang paling semangat dalam kampanye penguatan dan penerapan nilai-nilai Pancasila. Bahkan, Idham pernah mengakatan 'Saya siap berdiskusi 30 hari 30 malam dengan siapa saja yang tidak sepakat dengan Pancasila sebagai idologi yang tepat untuk NKRI'. Maka sangat pantas bila Idham Samawi disebut Sang Aktivis Pancasila Sejati.

Menurut Rian, alasan tersebut menjadi dasar AMPY untuk mendatangi rumah Idham Samawi secara tiba-tiba tanpa diundang untuk menyatakan sikap, bahwa AMPY meminta Idham Samawi untuk terus memperjuangkan aspirasi masyarakat DIY di parlemen. Mendukung Idham Samawi untuk kembali terpilih menjadi Anggota DPR RI mewakili DIY.

Menerima kedatangan dari para mahasiswa, Idham Samawi mengaku surprise dan bangga. Menurut Idham, dirinya banyak menghadiri forum-forum mahasiswa terutama kegiatan diskusi kebangsaan. Menurut Idham, 20 tahun kedepan, kepemimpinan Indonesia berada dipundak para mahasiswa ini. Oleh karenanya, Idham berharap para mahasiswa terus mengasah kemampuan dirinya terutama soal kepemimpinan dan wawasan nusantara. Materi tersebut tidak cukup hanya didapat di bangku perkuliahan, tapi melalui workshop dan pergaulan di masyarakat dengan memahami kearifan lokal serta budaya. "Bekal menjadi pemimpin, jangan sekali-kali melupakan sejarah bangsa," katanya. (Dev)

BERITA REKOMENDASI