Daya Beli Petani di DIY Menurun

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Nilai Tukar Petani (NTP) DIY mencapai angka 102,36 pada Februari 2019 yang mengalami penurunan 0,23 persen dibanding indeks bulan sebelumnya yang tercatat 102,60. Penurunan ini disebabkan penurunan indeks harga produk pertanian yang diterima petani sebesar 0,05 persen, lebih rendah dibanding indeks harga barang dan jasa yang dibayar petani yang mengalami kenaikan 0,19 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) DIY Johanes De Britto Priyono MSc menjelaskan, NTP merupakan salah satu indikator untuk melihat tingkat kemampuan/daya beli petani di pedesaan dan menunjukkan daya tukar (term of trade) antara produk pertanian yang dijual petani dengan barang dan jasa yang dibutuhkan petani dalam berproduksi dan konsumsi rumah tangga. Penghitungan indikator ini diperoleh dari perbandingan antara Indeks Harga Yang Diterima Petani (It) dengan Indeks Harga Yang Dibayar Petani (Ib) yang dinyatakan dalam persentase.

"Penurunan indeks NTP selama Februari 2019 tersebut terjadi pada subsektor tanaman pangan 2,60 persen, sedangkan 4 subsektor lainnya mengalami kenaikan, yaitu subsektor hortikultura 0,50 persen, subsektor tanaman perkebunan rakyat 2,10 persen, subsektor peternakan 0,31 persen, dan subsektor perikanan 0,20 persen," tutur JB Priyono. (Ira)

BERITA REKOMENDASI