Dekati 2014, Demokrat ‘Mbalik’ Dukung Keistimewaan DIY

YOGYA (KRjogja.com) – Partai Demokrat yang selama ini dianggap berseberangan dengan aspirasi masyarakat Yogyakarta terkait keistimewaan DIY, saat ini justru secara terang-terangan menyampaikan dukungan terhadap keistimewaan DIY.

Dukungan tersebut diucapkan langsung oleh ketua umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, saat agenda kunjungan safari Ramadan di Yogyakarta, Rabu (8/8).

"Posisi Demokrat adalah sejak awal mendukung keistimewaan Yogyakarta. Tetapi memang sebagian bagaimana mendefinisikan keistimewaan untuk masa depan, ada satu item yang menjadi perdebatan. Sesungguhnya itu hal yang baik saja dan upaya untuk mencari format yang terbaik," ujar Anas.

Ia menuturkan, sejak satu bulan lalu, dirinya telah menyampaikan kepada seluruh kader baik di DPC dan DPD Demokrat DIY, bahwa partai Demokrat tidak pernah memperdebatkan persoalan penetapan atau pemilihan dalam RUUK DIY.

"Melihat perkembangan terakhir dan kebutuhan hadirnya UU keistimewaan, partai Demokrat tidak dalam posisi memperdebatkan penetapan atau pemilihan. Jika aspirasinya penetapan, demokrat tidak keberatan bahkan mendukung," tegasnya.

Sementara, mendekati pemilu 2014 mendatang, Demokrat sendiri juga menargetkan kemenangan di wilayah DIY. Dengan dukungan partai Demokrat terhadap keistimewaan DIY tersebut, Anas berharap hal ini akan memiliki makna berarti dalam komunikasi politik lokal di Yogyakarta baik antar partai maupun masyarakat luas.

"Mudah-mudahan ini menjadi salah satu jalan yang baik, baik kepentingan nasional, partai Demokrat dan rakyat Yogyakarta. Dinamika politik lokal di Yogya, tidak berpengaruh besar terhadap eksistensi Demokrat di Yogyakarta. Kami berharap kader makin giat bekerja dan lakukan komunikasi dengan akar rumput," imbuhnya. (Aie)

BERITA REKOMENDASI